Surabaya (ANTARA) - Panitia Pelaksana Citraland Marathon 2024 optimistis target 3.500 peserta bisa terlampaui seiring semakin tingginya animo masyarakat terhadap olahraga lari dalam beberapa tahun terakhir.

General Manager Citraland Surabaya Yuliarso Christiono selaku panitia pelaksana mengatakan pada penyelenggaraan ajang serupa tahun lalu, jumlah peserta yang ambil bagian tercatat sekitar 3.200 orang dari berbagai daerah, padahal panpel hanya menargetkan 2.500 peserta.

"Tahun ini kami sangat optimistis antusiasme peserta juga tinggi," kata Yuliarso didampingi Direktur Perlombaan Citraland Marathon Fredy Teguh di Surabaya, Jumat.

Sama seperti penyelenggaraan pada 2023, ajang maraton yang akan digelar pada 8 Desember itu terbagi dalam empat kategori lomba, yakni jarak 5 kilometer, 10 kilometer, 21 kilometer (half marathon), dan 42 kilometer (full marathon).

Yuliarso menambahkan panpel juga kembali mendapat dukungan dari BCA dan berkolaborasi dengan komunitas WeRun yang mempersiapkan teknis pelaksanaan lomba, termasuk penentuan rute yang berada di seputaran perumahan Citraland Surabaya.

"Yang jelas, maraton tahun ini jauh lebih menantang dibanding sebelumnya dan menyajikan rute di perumahan Citraland yang suasananya hijau, teduh, dan nyaman," katanya.

Ia juga menerangkan pendaftaran peserta akan mulai dibuka secara daring pada tanggal 5 September hingga 31 Oktober dengan biaya pendaftaran mulai Rp200.000 hingga Rp525.000.

"Kuota peserta terbanyak untuk lomba 5 kilometer dan biasanya begitu registrasi dibuka langsung sold out," imbuhnya.

Baca juga: Perlengkapan yang perlu disiapkan sebelum ikut lari maraton

Direktur Lomba Citraland Marathon Fredy Teguh menjelaskan rute lomba dibuat berbeda dari 2023 karena tidak ada pengulangan rute yang sama dilalui peserta atau tidak berputar dua kali untuk full maraton.

"Selain rute flat (datar), juga akan ada rute roling atau naik turun sesuai kontur yang ada di kawasan perumahan Citraland," katanya.

Selain komunitas lari, tambah Fredy, ajang maraton ini juga diminati atlet maraton dari berbagai daerah. Mereka biasanya berlomba pada jarak 21 kilometer dan 42 kilometer yang menyajikan hadiah uang cukup besar.

"Tahun lalu kami mengundang pelari nasional Agus Prayogo yang meraih juara kategori 21 kilometer. Tahun ini juga akan undang lagi atlet nasional dan artis penyuka olahraga lari," ujarnya.

Baca juga: Pelari asal Kenya juara kategori maraton dalam Maybank Marathon 2024
Baca juga: ALTI: Jalur kompetisi lari trail idealnya dilengkapi internet dan GPS


Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024