Jakarta (ANTARA) - Pembalap McLaren Lando Norris mengaku tidak terlalu memikirkan peluangnya untuk meraih gelar juara dunia tahun ini setelah berhasil mempersempit marginnya dengan juara bertahan Max Verstappen (Red Bull).

Norris kini hanya terpaut 70 poin saja dari Verstappen pada klasemen sementara, dengan sembilan balapan tersisa pada paruh kedua musim ini.

Ia telah mematahkan dominasi Verstappen pada balapan kandang sang juara dunia tiga kali, yakni Grand Prix Belanda di Sirkuit Zandvoort akhir pekan lalu.

“Bagi saya, kemenangan itu luar biasa dan benar-benar salah satu perasaan terbaik yang dapat Anda miliki, karena inilah yang saya impikan, apa yang selalu ingin saya capai ... Tetapi saya sama sekali tidak memikirkan (klasemen) kejuaraan,” ungkap Norris, dikutip dari AFP, Jumat.

Pembalap Inggris itu mengaku saat ini hanya fokus pada balapan akhir pekan ini di Sirkuit Monza, Italia.

“Satu-satunya hal yang saya pedulikan sekarang adalah akhir pekan ini. Saya tidak peduli dengan akhir pekan berikutnya atau akhir pekan setelahnya, yang penting hanya apa yang dapat saya lakukan hari ini, apa yang dapat saya lakukan besok... Itulah proses saya,” jelas dia.

Norris telah naik podium sembilan kali dan menang dua kali pada musim ini.

Setelah serangkaian peningkatan terkini, mobil yang disediakan McLaren untuknya dan rekan setimnya Oscar Piastri tampak paling baik di grid.

Baca juga: Verstappen ragu Red Bull raih kemenangan lagi di paruh kedua 2024

McLaren pun memiliki peluang untuk memenangkan kejuaraan konstruktor untuk pertama kalinya sejak 1998 karena mereka hanya terpaut 30 poin di belakang Red Bull.

“Itu memberi tim sejumlah kepercayaan diri yang baik dan itu selalu menjadi sedikit dorongan, tetapi itu tidak mengubah perasaan Anda,” kata Norris.

“Kami berusaha keras setiap akhir pekan, tentu saja. Sasaran kami adalah mengejar mereka (Red Bull) di keduanya, terutama di sisi konstruktor yang jauh lebih bisa dilakukan daripada di sisi pembalap,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, GP Italia bergulir mulai hari ini masing-masing pada pukul 18.30 WIB dan 22.00 WIB untuk dua sesi latihan.

Selanjutnya pada Sabtu (31/8), akan diadakan sesi latihan bebas ketiga dan kualifikasi masing-masing pada pukul 17.30 WIB dan 21.00 WIB.

Balapan utama bakal digelar pada Minggu (1/9) pukul 20.00 WIB.

Baca juga: Klasemen F1 2024: Norris terus mendekati Verstappen
Baca juga: Charles Lecrerc terkejut dengan hasil podium ketiga di Belanda


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024