Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI memfasilitasi warga Sumatera Barat yang menemani kerabatnya yang sakit dan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat M. Djamil Padang, melalui fasilitas Rumah Singgah Baznas Sumbar.

"Rumah Singgah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Pimpinan Baznas RI Bidang SDM, Keuangan, dan Hukum, Nur Chamdani melalui keterangan di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Baznas bantu akses kesehatan mustahik di Pesawaran dengan Rumah Sehat

Nur mengatakan fasilitas ini merupakan upaya Baznas dalam memberikan kenyamanan dan dukungan bagi keluarga pasien yang datang dari luar kota, sehingga mereka dapat fokus memberikan perawatan terbaik bagi orang yang sakit.

Selain menyediakan tempat tinggal yang nyaman, ia menyebut Rumah Singgah Baznas juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, seperti kendaraan operasional dan layanan antar-jemput, serta menyediakan beras dan peralatan masak untuk memudahkan penghuni.

"Baznas berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan di rumah singgah dan memperluas jangkauan program-program sosial lainnya. Dengan adanya rumah singgah, Baznas berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Sumatera Barat," ujarnya.

Terkait hal tersebut, Ketua Baznas Provinsi Sumatera Barat Buchari mengaku bersyukur atas adanya program ini di wilayahnya.

"Keberadaan rumah singgah ini sangat berarti bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang sedang menghadapi kesulitan. Kami berharap fasilitas ini dapat memberikan sedikit keringanan dan harapan bagi keluarga pasien," tuturnya.

Baca juga: Baznas resmikan RSB Kendal untuk layani kesehatan warga kurang mampu

Baca juga: BAZNAS: Rumah Sehat tanda keberpihakan pada fakir miskin


Sementara itu, Rita (45), salah satu penerima manfaat rumah singgah mengaku terbantu melalui fasilitas ini. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas dan pemangku kepentingan terkait yang telah menghadirkan fasilitas tersebut.

"Berkat adanya rumah singgah ini, saya bisa lebih tenang mendampingi anak saya Friska yang sedang sakit. Fasilitas yang disediakan juga sangat membantu," ucapnya.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024