Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita politik kemarin (29/8) menjadi sorotan di antaranya Anies Baswedan yang batal maju Pilkada 2024, kemudian ditekennya perjanjian kerja sama pertahanan (DCA) antara RI-Australia.

Berikut berita-berita menarik pilihan ANTARA yang dapat kembali dibaca:

Jubir: Anies tidak maju di Pilkada Jabar

Juru bicara Anies Baswedan, Sahrin Hamid, mengungkapkan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut sudah memutuskan untuk tidak maju di Pilkada Jawa Barat.

Sahrin menyampaikan bahwa salah satu pertimbangan Anies tidak maju adalah tidak ada permintaan khusus dari masyarakat Jabar maupun aspirasi partai politik untuk mengusung calon presiden di Pemilu Presiden 2024 tersebut selama ini, berbeda dengan Pilkada Jakarta.

Selengkapnya baca di sini.

KPU terima 1.467 pasangan calon pada Pilkada serentak 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyebutkan bahwa sebanyak 1.467 bakal pasangan calon kepala daerah mendaftarkan diri untuk mengikuti kontestasi pada Pilkada serentak 2024.

"Proses pendaftaran pasangan calon di rentang 27 hingga 29 Agustus atau selama tiga hari berjalan lancar," kata Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik di Sorong, Papua Barat Daya, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

PDI Perjuangan buat kejutan usung Jeje-Ronal pada Pilkada Jabar

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan membuat kejutan dengan mengusung pasangan Jeje Wiradinata dan Ronal Surapradja menjadi pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jabar 2024.

Namun, keduanya hanya hadir secara daring di Kantor KPU Jabar pada Kamis (29/8) malam. Dalam jaringan videonya, Jeje terlihat di sebuah bangunan seperti rumah, sementara Ronal terlihat seperti tengah di mobil dalam suatu perjalanan.

Selengkapnya baca di sini.

KPU RI ingatkan menteri dan petahana harus cuti ketika ikut pilkada

Komisi Pemilihan Umum RI mengingatkan para menteri dan kepala daerah petahana yang maju pada Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 harus mengambil cuti dari sejak pendaftaran hingga masa kampanye.

"Menteri yang mencalonkan diri menjadi kepala daerah itu harus cuti," kata Ketua Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Idham Holik di Sorong, Papua Barat Daya, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

RI-Australia teken DCA, Menhan tegaskan itu bukan pakta pertahanan

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dan Menhan Australia Richard Marles menandatangani perjanjian kerja sama pertahanan (DCA) di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, Kamis.

Menhan Prabowo selepas upacara penandatanganan itu menegaskan DCA RI-Australia bukanlah pakta pertahanan atau aliansi pertahanan, melainkan perjanjian kerja sama untuk kemitraan di sektor pertahanan yang lebih erat antara dua negara.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024