Jakarta (ANTARA) - Pengguna Gmail di perangkat Android kini dapat berinteraksi langsung dengan asisten kecerdasan artifisial (AI) Google, Gemini, untuk membahas email mereka di aplikasi Gmail.

Google meluncurkan fitur baru ini, yaitu "Gmail Q&A", pada Kamis (29/8) untuk pengguna yang berlangganan Gemini, menurut sebuah posting blog, dan mengumumkan bahwa fitur ini juga akan tersedia di perangkat iOS.

Dengan "Gmail Q&A", pengguna dapat mengakses Google Gemini di aplikasi Gmail sebagai asisten pribadi yang dapat membaca seluruh kotak masuk email mereka.

Baca juga: Gmail segera luncurkan fitur ringkasan pesan AI di Android

Google mengatakan bahwa pengguna dapat meminta Gemini untuk meringkas email dengan mengatakan hal-hal seperti, "Tolong ringkas email tentang perencanaan kuartalan".

Pengguna juga bisa menggunakan fitur ini untuk mencari detail spesifik, seperti menanyakan kepada Gemini, "Berapa biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk acara pemasaran terakhir?"

Tentu saja, pengguna perlu bersabar dengan "halusinasi" yang kadang terjadi pada model AI terbaik saat menggunakan fitur ini, jadi jangan sepenuhnya mengandalkan apa yang dikatakannya. 

Baca juga: Gmail versi iOS sediakan tombol setop berlangganan email

Secara tradisional, jika pengguna ingin mencari informasi di Gmail, mereka dapat menggunakan bilah pencarian di bagian atas Google. Fitur itu tidak akan dihilangkan, tetapi tombol Gemini akan ditambahkan di samping bilah pencarian tersebut.

Ini adalah bagian dari pergeseran paradigma Google dari pencarian menuju percakapan AI. Alih-alih menemukan email asli melalui pencarian, Gmail mendorong pengguna untuk menggunakan chatbot AI yang akan merangkum informasi yang mereka cari. Namun, Gemini tetap akan menyebutkan email sumber dalam jawabannya.

Pengguna berbayar dapat mengakses fitur ini dengan mengklik logo bintang hitam, yang kini melambangkan Gemini di seluruh rangkaian produk Google, di sudut kanan atas aplikasi.

Baca juga: Google mungkin hadirkan ringkasan "email" gunakan AI di Android

Saat ini, fitur "Gmail Q&A" hanya memiliki akses ke email pengguna, namun di masa depan, Google mengatakan bahwa fitur ini juga akan terhubung ke file di akun Google Drive pengguna.

Pada bulan Juni, "Gmail Q&A" diluncurkan untuk pengguna web Gmail yang berlangganan Gemini atau Google One AI Premium. Pengguna ini membayar sekitar 20 dolar AS (Rp309 ribu) per bulan untuk fitur AI seperti ini, yang merupakan bagian dari lapisan produk dan aplikasi Google yang terkait dengan Gemini.

Baca juga: Google Bard AI kini terhubung ke Gmail, Docs, Maps, Drive dan YouTube

Tidak mungkin bahwa "Gmail Q&A" akan tersedia untuk pengguna Gmail gratis dalam waktu dekat. Sebaliknya, Google mendorong fitur seperti "Gmail Q&A" untuk meyakinkan pengguna bahwa biaya langganan bulanan yang mahal untuk Gemini sepadan.

Perusahaan juga menambahkan Gemini ke semua produk yang sudah ada, termasuk Google Docs, Gmail, Google Calendar, dan lainnya, namun semuanya dikenakan biaya.

Sejauh ini, produk AI ini adalah upaya terbaik Google untuk menghasilkan pendapatan dari Gemini. Demikian disiarkan TechCrunch, Kamis (29/8).

Baca juga: Gmail di Android makin cerdas, dilengkapi opsi AI Gemini khusus

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024