Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora menarik yang terjadi Kamis (29/8) dapat dibaca kembali sebagai rangkuman peristiwa kemarin untuk mengawali hari ini.

Berita diawali dengan kebijakan penerapan SATUSEHAT Health Pass di pintu masuk negara untuk mencegah potensi penularan mpox hingga uji coba Program Makan Siang Bergizi Gratis di Semarang.

1. Kemenkes berlakukan health pass di pintu masuk negara cegah mpox

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan akan menerapkan SATUSEHAT Health Pass di pintu masuk negara untuk mencegah potensi penularan mpox terutama saat gelaran Indonesia Afrika Forum (IAF) dan High-Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF-MSP) di Bali.

"Di pintu masuk di Bandara Soetta dan Ngurah Rai, kita akan melakukan pengawasan atau skrining secara berlapis dengan pengawasan deklarasi kesehatan pelaku perjalanan atau SATUSEHAT Health Pass," kata Direktur Surveilans dan Kekarantinaan Kesehatan Kemenkes RI Achmad Farchanny Tri Adryanto.

2. Kemendikbud usulkan tambahan anggaran 2025 untuk program prioritas

Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengajukan usulan tambahan anggaran pada 2025 guna mengoptimalkan implementasi program-program prioritas.

"Pagu Anggaran Kemendikbudristek TA 2025 itu lebih rendah Rp14,51 triliun dibandingkan Pagu Anggaran TA 2024. Nah ini menyebabkan ketidakoptimalan dalam program-program wajib dan prioritas kami, termasuk bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) dan lain-lain," kata Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim.

3. Komnas Perempuan gelar kampanye 16 hari anti kekerasan perempuan

Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) menggelar kampanye anti kekerasan terhadap perempuan selama 16 hari (K16HAKTP) secara nasional dengan tema besar “Lindungi Semua, Penuhi Hak Korban, Akhiri Kekerasan Terhadap Perempuan”.

"Dalam rentang 16 hari itu para aktivis HAM perempuan mempunyai waktu yang cukup guna membangun strategi pengorganisiran agenda bersama," kata Komisioner Komnas Perempuan Tiasri Wiandani.

4. Wapres minta pengembangan riset dan inovasi terus dioptimalkan

Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin meminta agar fasilitas pendidikan di Tanah Air dioptimalkan dalam mendukung pengembangan riset dan inovasi.

"Pertama, optimalkan gedung baru ini sebagai pusat pengembangan riset dan inovasi di industri media dan penyiaran yang lebih maju dan luas lagi," kata Wapres Ma'ruf Amin.

5. Pemkot Semarang uji coba makan siang gratis dengan menu kekinian

Pemerintah Kota Semarang melanjutkan uji coba Program Makan Siang Bergizi Gratis dengan menyajikan menu kekinian, seperti spaghetti kepada anak-anak sekolah dasar di Kota Semarang, Jawa Tengah.

"Anak-anak senang dengan makanan kekinian seperti spaghetti. Namun, saya buat spaghettinya penuh gizi. Lele yang biasanya tidak disukai anak-anak jika disajikan utuh, saya olah menjadi bakso dan dicampur ke dalam spaghetti," kata Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024