Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menerima bakal calon Bupati Lumajang Thoriqul Haq bersama calon wakil bupati Lucita Izza Rafika (Thoriq-Fika) yang mendaftar untuk mengikuti pemilihan umum kepala daerah (pilkada) dengan dukungan enam partai politik ke Kantor KPU Lumajang, Jatim, Kamis.

"Pada hari ketiga pendaftaran pilkada, Cak Thoriq-Ning Fika menyerahkan berkas pendaftaran dan persyaratannya dinyatakan lengkap," kata Ketua KPU Lumajang Henariza Febriadmadja di Kantor KPU setempat.

Menurutnya pihak KPU akan melakukan pemeriksaan berkas kelengkapan pasangan bakal cabup-cawabup sesuai dengan ketentuan, kemudian dilakukan proses verifikasi sebagai syarat untuk penetapan cabup-cawabup Lumajang nanti.

Baca juga: Komisioner KPU Lumajang undurkan diri saat tahapan bakal caleg

Sementara Thoriqul Haq mengatakan pihaknya mendapat dukungan dari enam partai politik yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

"Hari ini kami diantar para pendukung mendaftar ke KPU Lumajang. Alhamdulillah persyaratan pendaftaran dinyatakan lengkap," kata pria yang akrab disapa Cak Thoriq itu.

Baca juga: Partisipasi pemilih Pemilu 2024 di Lumajang capai 83,5 persen

Ia mengatakan pihaknya tidak memiliki target jumlah suara tertentu dalam pilkada serentak harus berapa persen, namun targetnya harus menang untuk memimpin Kota Pisang kedua kalinya.

"Saya minta dukungan masyarakat dengan semangat pergerakan bersama yang telah saling menguatkan, terus bertambah untuk harapan menjadikan Lumajang maju dan makmur," tuturnya.

Rombongan Thoriq-Fika berkumpul di Stadion Semeru dan bergerak menuju ke Kantor KPU Lumajang dengan berjalan kaki untuk menyerahkan berkas pendaftaran pilkada pada hari terakhir pendaftaran.

Sementara Fika mengatakan untuk target menang di pilkada mendatang pihaknya akan berkolaborasi dengan kaum milenial, sehingga bisa memajukan Kabupaten Lumajang lebih baik.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024