Jakarta (ANTARA) -
Ibu Wakil Presiden (Wapres) Wury Ma’ruf Amin mengapresiasi hasil karya para lulusan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada Pameran Kriyanusa 2024.
 
Dalam rilis yang disiarkan di Jakarta, Kamis, pameran bertema “Perajin Muda Lestarikan Warisan Budaya” itu digelar Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) untuk melanjutkan tradisi leluhur kepada generasi muda kreatif dengan nilai-nilai identitas bangsa.
 
“Melalui panggung Kriyanusa 2024, hasil karya kreatif para perajin muda dari seluruh provinsi di Indonesia tidak hanya menarik, tapi juga mengikuti tren, menghidupkan kembali kebudayaan Nusantara dengan mempersembahkan keindahan keterampilan karya-karya seni kerajinan mereka,” ujar Wury.
 
Dalam kunjungannya ke anjungan PKW Kemendikbudristek, Wury mengaku kagum dan terkesan dengan proses penenunan kain tenun salah satu peserta asal Ogan Ilir, Sumatera Selatan.
 
Pada kesempatan yang sama, Direktur Kursus dan Pelatihan Kemendikbudristek Nahdiana menjelaskan para lulusan peserta didik PKW yang diundang dan difasilitasi untuk hadir di Kriyanusa memang diberi kesempatan untuk memperagakan keterampilannya di stan Kemendikbudristek.
 
Ia menambahkan, Direktorat Kursus dan Pelatihan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek berpartisipasi dalam Pameran Kriyanusa dengan stan bertema “Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tekun Tenun dan Kriya Indonesia”.
 
Stan tersebut menunjukkan dampak program PKW Tekun Tenun dan Kriya yang telah dijalankan sejak 2020 untuk mendukung misi Dekranas dalam melahirkan bibit-bibit baru perajin Nusantara.
 
Pameran tersebut menghadirkan karya-karya dari 15 lulusan PKW Tekun Tenun dan Kriya yang datang langsung dari enam provinsi untuk menunjukkan bagaimana dampak program PKW yang mereka ikuti terhadap hidup mereka maupun perkembangan kerajinan tradisi di daerahnya.
 
Kelima belas lulusan yang sebagian besar mengikuti program PKW Tekun Tenun itu secara bergantian melakukan demo menenun dan memintal benang untuk menunjukkan kemahiran mereka. Mereka juga berbagi cerita tentang bagaimana hasil program PKW telah memperbaiki kualitas hidup mereka dan keluarga, bahkan menciptakan lapangan kerja baru di lingkungannya.
 
Sebagai informasi, ekshibisi yang berlangsung pada 28 Agustus hingga 1 September 2024 itu diikuti 420 stan dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, stan pameran PKW Tekun Tenun dan Kriya Indonesia memamerkan tidak kurang dari 300 karya lulusan PKW dari seluruh Nusantara, yang terdiri atas kain tenun, produk turunan tenun, dan kriya.

Baca juga: Kemendikbudristek: Kriyanusa 2024 tempat pamerkan produk program PKW

Baca juga: Kemendikbud optimalkan program PKW untuk lahirkan wirausaha baru

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024