Surabaya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur menerima berkas pencalonan Tri Rismaharini dan K.H. Zahrul Azhar Asumta (Gus Hans) sebagai calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Jatim 2024.
 
"Dokumen PDI Perjuangan dan Hanura terkait dengan pencalonan peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2024 lengkap dan diterima KPU," kata Ketua KPU Provinsi Jatim Aang Kunaifi di Kantor KPU Provinsi Jatim, Surabaya, Kamis malam.
 
Diketahui bahwa pasangan itu hanya diusung dua partai politik, yakni PDI Perjuangan dan Hanura, karena Partai Ummat yang sebelumnya menyatakan mendukung, membatalkan dukungan tersebut.
 
Setelah tahapan pendaftaran tersebut, lanjut Aang, Risma dan Gus Hans wajib menjalani tes kesehatan di Graha Amerta RSUD dr. Soetomo. Tes tersebut rencananya mulai Sabtu (31/8).
 
"Berdasarkan ketentuan KPU, pasangan calon yang mendaftar dan berkasnya lengkap akan kami jadwalkan pemeriksaan kesehatan pada hari Sabtu pukul 07.00 WIB," kata Aang.
 
Dijelaskan bahwa pemeriksaan akan digelar selama 2 hari. Pada hari pertama pasangan calon akan menjalani tes fisik secara menyeluruh, kemudian pada hari kedua menjalani tes psikologi.
 
Sementara itu, Ketua DPD PDI Perjuangan Said Abdullah menyampaikan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari KPU Provinsi Jatim
 
"Terima kasih sambutannya luar biasa. Setiap proses saya yakin KPU berbuat terbaik bagi semua kontestan," ucapnya.
 
Said percaya KPU dan Bawaslu Provinsi Jatim mengawal pilkada tersebut untuk memastikan agar berjalan lancar, netral, dan melayani semua pihak.
 
"Kalau saya salah, mohon ditegur. Kalau yang lain salah, lakukan hal yang sama. Mohon kami diperlakukan yang adil," katanya.

Baca juga: Pasangan Risma-Gus Hans segera mendaftar ke KPU Jatim
Baca juga: Khofifah-Emil jalani pemeriksaan kesehatan di RSUD dr Soetomo

Pewarta: Willi Irawan/Faizal Falakki
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024