Jakarta (ANTARA) - Hari Jumat merupakan salah satu hari yang memiliki kedudukan istimewa dibandingkan hari-hari lainnya dalam agama Islam.
 
Seluruh umat muslim menganggap hari Jumat sebagai hari yang penuh berkah, rahmat, dan ampunan dari Allah SWT, sehingga hari Jumat menjadi hari raya bagi umat muslim.
 
Sejumlah keutamaan yang Allah SWT diberikan keistimewaan pada hari Jumat, para umat muslim akan diberikan pahala yang berlipat ganda bagi yang melaksanakan ibadah sunnah tersebut.
 
Apa saja keistimewaan tersebut? Berikut adalah keistimewaan hari Jumat bagi umat muslim agar mendapatkan syafaat dari Allah SWT.
 
Keistimewaan hari Jumat dalam Islam
 
1. Pahala ibadah yang berlipat ganda

Sama halnya dengan hari-hari istimewa lainnya, ibadah yang dilakukan pada hari Jumat lebih utama daripada hari-hari lainnya, seperti bersedekah. Hari Jumat merupakan hari terbaik dalam mengamalkan ibadah wajib maupun sunnah.
 
Terdapat hadist yang diriwayatkan Imam al-Syafii sebagai berikut.

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ
 
Artinya: "Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda: Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat, sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar. Nabi bersabda: Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan." (Imam al-Syafii, Al-Umm, juz 1, halaman: 239).
 
2. Terciptanya awal kehidupan

Pada hari Jumat, Allah SWT tekah menciptakan langit, bumi, beserta segala isinya dengan sempurna.

Selain itu, Nabi Adam juga diciptakan pada hari Jumat sebagai manusia pertama dan Nabi Adam bersama Siti Hawa juga dikeluarkan dari surga karena melanggar perintah Allah SWT terjadi pada hari Jumat.
 
3. Waktu mustajab untuk berdoa

Salah satu keistimewaan yang sangat dinantikan oleh umat Muslim pada hari Jumat adalah adanya waktu mustajab untuk berdoa.
 
Pada waktu ini, doa-doa yang dipanjatkan akan dikabulkan oleh Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam hadist riwayat Bukhari dan Muslim dari sahabat Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut.
 
"Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.

4. Baca Surah Al-Kahfi dan sholawat

Membaca Surah Al-Kahfi pada hari Jumat juga memiliki keistimewaan tersendiri yakni diberikan para umat sinar cahaya di hari tersebut. Hal ini telah dijelaskan dalam hadist riwayat Imam al-Hakim bahwa Rasulullah SAW bersabda.

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنْ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
 
Artinya: "Barang siapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, maka Allah memberinya sinar cahaya di antara dua Jumat."
 
Selain membaca Surah Al-Kahfi, umat muslim dianjurkan untuk bersholawat pada hari Jumat. Pahala yang didapatkan bagi muslim yang melaksanakannya telah dikatakan oleh Rasulullah, beliau pernah bersabda.
أَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنْ الصَّلَاةِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ وَيَوْمَ الْجُمُعَةِ فَمَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا
Artinya: "Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat untukku satu kali, maka Allah membalasnya sepuluh kali." (HR. al-Baihaqi)
 
5. Perintah Shalat Jumat

Sholat Jumat dijalankan wajib bagi umat muslim laki-laki. Berkumpulnya para laki-laki muslim di masjid dan melaksanakan ibadah sholat di hari Jumat menjadi sangat istimewa sebab pahala dan karunia Allah SWT yang berlimpah.
 
Sebagaimana Allah SWT telah berfirman dalam Surah Al-Jumuah ayat 9-10.
 
{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (9) فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الأرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ (10)}

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. Apabila salat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung."
 
6. Para malaikat turun ke bumi dan berkumpul

Pada hari Jumat, para malaikat turun ke bumi dan berkumpul di masjid menghadiri khotbah dan sholat Jumat. Oleh sebab itu, peristiwa ini menandakan adanya keagungan dan kemuliaan hari Jumat bagi Allah.

Baca juga: Penjelasan kenapa hari Jumat dianggap istimewa bagi umat Muslim

Baca juga: Kumpulan doa terbaik di hari Jumat, bisa untuk membuka rezeki

Baca juga: Hukum dan ketentuan berpuasa pada hari Jumat
 
 
 
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024