Jakarta (ANTARA) - Perusahaan aplikasi teknologi Indonesia, Tokopedia memberikan fasilitas bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di sektor pertanian seperti produk teh agar lebih dekat dengan konsumen.

Hal itu, kata Director of Communication Tokopedia and TikTok E-commerce, Nuraini Razak di Bali, Rabu, dilakukan melalui platform Tokopedia dan ShopTokopedia sehingga meningkatkan penjualan produk mereka.

Melihat besarnya potensi produksi teh di Indonesia, Tokopedia dan ShopTokopedia menggencarkan deretan inisiatif untuk memberikan panggung lebih bagi para produsen maupun penjual teh untuk menjangkau pasar yang lebih luas. "Di antaranya melalui inisiatif Beli Lokal dan Tokopedia NYAM," katanya.

Ia mengatakan kedua inisiatif ini juga mempermudah masyarakat menjangkau berbagai produk kebutuhan, sekaligus mendorong pemerataan ekonomi secara digital.

Baca juga: Tokopedia catat peningkatan penjual online melalui kampanye beli lokal

Ia mencontohkan UMKM lokal asal Bali BREW ME TEA, satu dari banyak pelaku UMKM teh di Tokopedia dan ShopTokopedia yang melibatkan puluhan petani teh di sekitaran Bali untuk seluruh proses panen pucuk teh, mulai dari penanaman hingga pemetikan.

"BREW ME TEA adalah bagian dari jutaan pelaku usaha, termasuk dari Bali, yang saat ini tergabung di Tokopedia dan ShopTokopedia,” kata dia.

Ia mengatakan dari berbagai inisiatif yang digencarkan Tokopedia dan ShopTokopedia untuk membantu UMKM lokal, turut ikut mendorong tren belanja daring (online) baik secara nasional maupun secara khusus di Bali.

"Kampanye Beli Lokal di Tokopedia mendorong kategori produk makanan dan minuman menjadi kategori produk yang paling laris selama enam bulan terakhir secara nasional, dengan kenaikan penjualan yang mencapai hampir 2 kali lipat," katanya.

Data ini diambil dari 12 Desember 2023-12 Juni 2024 dibandingkan 12 Desember 2022-12 Juni 2023

"Kampanye Beli Lokal juga terbukti telah menjangkau berbagai daerah di Indonesia dan terlihat dari beberapa daerah dengan jumlah transaksi paling tinggi lewat kampanye Beli Lokal di Tokopedia, antara lain, seluruh Pulau Jawa, Bali, Sumatra Utara, Sumatra Selatan dan Lampung," kata dia.

Baca juga: Tokopedia beri ruang besar bagi UMKM kembangkan potensi usaha

Selain itu, Tokopedia juga melihat dampak positif dari Beli Lokal terhadap UMKM Bali.  Terbukti dari kenaikan penjualan merek (brand) lokal Bali yang mencapai hampir 1,5 kali lipat selama berlangsung kampanye Beli Lokal.

Di sisi lain, di ShopTokopedia yang dapat ditemukan di aplikasi TikTok, beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah transaksi di Beli Lokal secara nasional, yaitu produk kecantikan, perawatan tubuh, makanan dan minuman.

Selain itu perabotan rumah tangga dan perlengkapan dapur, dengan rata-rata kenaikan lebih dari tiga kali lipat pada periode yang sama.
"Kampanye Beli Lokal terbukti mendongkrak penjualan para pelaku usaha, khususnya brand lokal di ShopTokopedia," kata dia.

Menurut dia, hal ini terbukti dari kenaikan penjualan merek lokal yang mencapai hampir 2,5 kali lipat selama berlangsung kampanye Beli Lokal.

"Sedangkan brand lokal di Bali mencatat kenaikan penjualan hampir 5 kali lipat berkat kampanye Beli Lokal di ShopTokopedia berlangsung," kata dia.

Baca juga: Tokopedia bantu UMKM manfaatkan digitalisasi agar kian berkembang

Selain itu, di ShopTokopedia tercatat daerah yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah transaksi lewat kampanye Beli Lokal, yaitu Sumatra Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Bali, dengan rata-rata kenaikan hingga lebih dari 2,5 kali lipat.

ShopTokopedia mencatat kampanye Beli Lokal mendorong penjualan beberapa kategori, khususnya di Bali. Misalnya, kategori makanan dan minuman mengalami lonjakan penjualan lebih dari 7 kali lipat selama enam bulan pertama kampanye Beli Lokal berlangsung.

Ia mengatakan sektor pertanian menjadi salah satu fokus utama pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan dan mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Menurut data Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada kuartal III tahun 2023, sektor pertanian tercatat mengalami pertumbuhan sebesar 1,46 persen yoy dan berkontribusi sebesar 13,57 persen ke PDB nasional.

Baca juga: Tokopedia latih UMKM batik jadi konten kreator untuk naikkan penjualan

Di sisi lain, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa produksi teh nasional pada tahun 2022 sebesar 136.800 ton. "Jumlah ini tentu cukup besar dan potensi pasarnya juga sangat menjanjikan," kata dia.

​​​​​​​Director BREW ME FIND BLEND, Tjokorda Alit Darma Putra mengatakan berkat Tokopedia dan ShopTokopedia, teh artisan lokal BREW ME TEA bisa diakses masyarakat di seluruh penjuru Indonesia.

Ia mengatakan, sejak bergabung di Tokopedia dan ShopTokopedia, penjualan online BREW ME TEA bisa mencapai 80 persen.

Bahkan, dengan kontribusi lebih dari 60 persen terhadap pendapatan online, Tokopedia dan ShopTokopedia pun menjadi kanal digital utama untuk penjualan teh BREW ME TEA.

"Agar BREW ME TEA bisa selalu relevan dengan perkembangan zaman, kini BREW ME TEA meluncurkan produk varian teh celup piramida yang bisa meningkatkan aroma dan rasa teh secara keseluruhan," kata dia.


 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024