Akuisisi kedua kapal ini HTC tidak hanya mengurangi biaya sewa berkelanjutan, namun juga meningkatkan efisiensi dan kontrol operasional.
Jakarta (ANTARA) -
Perusahaan pelayaran PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI) merealisasikan pengadaan dua unit kapal tug boat, yaitu TB Anugerah Bersama 5 dan TB Anugerah Bersama 6 di wilayah Indonesia timur, khususnya di Pelabuhan Tarakan dan Kendari.

Kedua kapal ini sebelumnya disewa oleh anak usaha, yaitu PT Humpuss Transportasi Curah (HTC), sehingga dengan akuisisi ini diharapkan dapat meningkatkan profitabilitas perseroan melalui efisiensi operasional yang lebih baik, meskipun tidak berdampak terhadap pertumbuhan pendapatan HTC.

Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, menyebut melalui akuisisi kedua kapal ini HTC tidak hanya mengurangi biaya sewa yang berkelanjutan, namun juga meningkatkan efisiensi dan kontrol operasional.

"Pembelian TB Anugerah Bersama 5 dan TB Anugerah Bersama 6 merupakan langkah yang sangat penting dalam strategi kami untuk meningkatkan efisiensi operasional. Meskipun langkah ini tidak akan meningkatkan revenue secara langsung, kami yakin bahwa pengurangan biaya sewa dan peningkatan efisiensi operasional akan berdampak positif pada laba perusahaan," ujar Tirta.

Dalam hal pendapatan, ujarnya pula, pembelian ini tidak akan berdampak signifikan pada pendapatan HTC, karena TB Anugerah Bersama 5 dan TB Anugerah Bersama 6 telah digunakan dalam operasional rutin selama masa sewa.

Namun demikian, dari sisi laba, efek positif akan segera terasa berkat pengurangan biaya sewa dan pengelolaan aset yang lebih efisien, sehingga perseroan dapat menjaga stabilitas pendapatan sambil secara bertahap meningkatkan margin keuntungan.

"Kami telah mempertimbangkan bahwa dampak dari pembelian ini lebih berfokus pada penguatan bottom line HTC, salah satu anak usaha kami. Dengan stabilitas revenue yang sudah ada, HTC kini bisa lebih fokus pada peningkatan laba melalui efisiensi dan pengelolaan aset yang lebih baik," ujar Tirta.

Tirta menjelaskan, TB Anugerah Bersama 5 dan TB Anugerah Bersama 6 akan terus beroperasi di Pelabuhan Tarakan dan Kendari, yang merupakan pusat penting dalam jaringan logistik nasional.

Dengan kepemilikan penuh atas kapal-kapal tersebut, HUMI melalui anak usahanya, yaitu HTC akan memastikan keberlanjutan layanan operasional di kedua pelabuhan tersebut.

"Hal ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap efisiensi logistik dan daya saing pelabuhan di Indonesia timur," ujar Tirta.

Ia menjelaskan, TB Anugerah Bersama 5 dan TB Anugerah Bersama 6, keduanya memiliki spesifikasi mesin dan daya sebesar 2x1.000 horse power (HP) sesuai dengan kebutuhan market.

"Dengan kapasitas tersebut, kedua tug boat ini mampu menangani kapal besar yang masuk dan keluar dari pelabuhan, serta memfasilitasi manuver yang lebih aman dan efisien di area pelabuhan yang padat," ujar Tirta.
Baca juga: Humpuss Maritim sepakat bagikan dividen Rp18,04 miliar
Baca juga: PT HUMI membukukan laba 5,18 juta dolar AS di semester I-2024

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024