Jakarta (ANTARA) -
Pebasket senior Pelita Jaya Jakarta (PJ) Andakara Prastawa memberi nasihat kepada atlet basket muda Greans Chandra Bartes Tangkulung, guna mengikuti Indonesian Basketball League (IBL) All Indonesian 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, pada 22 September - 6 Oktober mendatang.
 
Ia mengatakan, Tangkulung yang masih berumur 22 tahun harus mampu mengeluarkan performa terbaik dalam turnamen tersebut, dengan cara lebih rutin berlatih.
 
"Kalau buat Tangkulung sih ya harus tetap terus latihan dan bersabar. Pasti akan ada kesempatannya dan jangan menyia-nyiakan kesempatan yang ada," kata kapten Pelita Jaya tersebut.
 
Lebih lanjut Prastawa mengatakan, dengan momentum turnamen itu, Tangkulung harus mampu menunjukkan performa terbaiknya, sehingga latihan yang sudah dilalui bersama pemain asing dan senior sejak setahun terakhir tidak sia-sia.

Baca juga: Andakara Prastawa latihan 500 kali menembak dalam sehari
 
Point guard berumur 32 tahun itu menambahkan, nasihat itu juga berlaku untuk para pemain muda penuh talenta lainnya yang bermain untuk PJ, seperti Muhamad Arighi, Yesaya Saudale, dan Agassi Goantara.
 
Pebasket setinggi 1,73 meter itu juga mengimbau agar pemain muda bisa terus menggenjot diri dalam latihan yang lebih intensif dari pemain senior, sehingga kemampuannya bisa meningkat dengan pesat.
 
"Ya recovery (pemulihan) untuk yang senior memang diberi waktu lebih lama untuk istirahat. Sedangkan yang junior ya diberi waktu lebih sedikit biar fisik mereka lebih terjaga," ujar pemain yang identik dengan nomor punggung 7 di klub dan tim nasional bola basket Indonesia itu.
 
Menurut Prastawa, IBL All Indonesian sangat bagus untuk memberikan pengalaman bertanding bagi pemain muda atau yang belum mendapatkan menit bermain yang banyak pada saat IBL 2024.

Baca juga: Prastawa: Pemain muda harus manfaatkan momen IBL All Indonesian 2024
 
Selain itu, kegiatan ini juga bagus untuk mengisi jeda antar musim bagi tim maupun pemain, sehingga bisa menjaga kebugaran tubuh dan mentalitas bertanding, guna menghadapi IBL 2025.
 
Sementara itu, Greans Chandra Bartes Tangkulung adalah salah satu talenta terbaik yang dimiliki oleh Pelita Jaya, meskipun belum mendapatkan banyak menit bermain.
 
Pada musim debutnya, dia berhasil membukukan total 10 poin, satu assist, dan tiga rebound, guna berkontribusi bagi Pelita Jaya Jakarta yang menjadi juara IBL 2024.
 
Sebelum bergabung dengan PJ, Tangkulung merupakan jawara Liga Mahasiswa Nasional bersama timnya, Rhinos Perbanas pada 2023.
 
Dia menjadi andalan tim bola basket kampusnya, sehingga pada akhir Desember 2023, PJ merekrut pemain setinggi 1,78 meter yang lahir pada 7 Juni 2002.

Baca juga: Juara IBL berharap kompetisi bola basket Indonesia kian berkembang
 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024