Jakarta (ANTARA) - Ganda putra pasangan Muhammad Shohibul Fikri/Daniel Marthin menyiapkan mental dan fisik setelah berhasil mengamankan tempat di perempat final Korea Open 2024.

Bertanding di Mokpo Indoor Stadium, Yeosu, Korea Selatan, Kamis, Fikri/Daniel menyingkirkan wakil Chinese Taipei, Fang-Chih Lee/Fang-Jen Lee dengan 21-19, 15-21, 21-16 pada babak 16 besar.

"Kami bersyukur bisa memenangkan pertandingan hari ini. Kami bisa melangkah ke babak perempatfinal. Cuma kami harus lebih fokus lagi. Masih banyak kesalahan hari ini yang harus diperbaiki," kata Fikri dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Bertemu dengan lawan di Japan Open pekan lalu, menurut Fikri, pasangan Chinese Taipei telah mempelajari permainannya. Di pertandingan itu kami menang dengan dua gim langsung.

"Saat itu shuttlecock-nya juga lambat. Sementara di Korea ini jenis shuttlecock-nya lebih cepat, sehingga lawan yang kurang memiliki power besar cukup nyaman dengan mendorong saja," ujar Fikri.

Baca juga: Leo/Bagas keluar dari tekanan untuk capai perempat final Korea Open

Selanjutnya, Fikri/Daniel akan bertemu wakil China He Ji Ting/Ren Xiang Yu pada babak delapan besar.

"Di babak perempatfinal, kami akan bertemu pasangan China. Siapa pun lawannya kami harus siap. Harus siapkan mental, fisik, dan pikiran agar lebih fokus," kata Fikri.

Hal senada juga disampaikan Daniel yang ingin segera memperbaiki kesalahan dalam permainan hari ini agar tampil lebih baik pada perempat final.

"Meski menang kami masih banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri, terutama di gim kedua. Mulai dari pukulan placing yang tidak tepat dan drive ragu-ragu. Semua kesalahan-kesalahan ini harus diperbaiki secepatnya supaya besok bisa tampil lebih baik lagi," ujar Daniel.

"Syukurlah di gim ketiga kami bisa bangkit lagi. Kami juga mengubah pola permainan dengan lebih berani dan tidak ragu-ragu lagi. Kami juga lebih menekan dengan menyerang."

Fikri/Daniel menyusul ganda putra lainnya Leo Rolly Carnando/Bagas Maulana yang lebih dulu melaju ke perempat final. Mereka merupakan wakil Indonesia yang masih bertahan saat ini di Korea Open 2024.

Ganda campuran Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Dejan Ferdiansyah/Gloria Emmanuelle Widjaja telah tersingkir dari turnamen BWF Super 500 tersebut.

Tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo dan tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo juga terhenti pada babak pertama turnamen ini.


Baca juga: Rehan/Lisa janji benahi pertahanan usai kandas dalam Korea Open 2024

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024