Peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan dan jembatan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, kenyamanan pengguna jalan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan penanganan 22 ruas jalan daerah di Jawa Barat (Jabar) meningkatkan konektivitas dan memberikan kelancaran kepada para pengguna jalan.

"Peningkatan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan dan jembatan untuk memberikan kelancaran, keselamatan, keamanan, juga kenyamanan para pengguna jalan," ujar Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Penanganan 22 ruas jalan daerah melalui Inpres Jalan Daerah (IJD) di Jawa Barat dilaksanakan pada tahun 2023 dengan biaya APBN senilai Rp521 miliar sepanjang 121 km tersebar di 15 kabupaten/kota.

Selanjutnya 16 Jembatan Callender Hamilton selesai dilaksanakan pada 2021-2023 dengan biaya konstruksi Rp793,3 miliar. yang tersebar di 9 kabupaten/kota. Adapun total panjang jembatan 1.030 meter dan panjang penanganan 3.479 meter.

Diharapkan penggantian/duplikasi jembatan ini juga dapat meningkatkan layanan transportasi jalan di wilayah Jawa Barat, baik Lintas Utara, Lintas Tengah maupun Lintas Selatan.

Baca juga: Menteri PUPR sebut exit toll KM 149 Padaleunyi rampung sebelum Natal

Baca juga: Menteri PUPR sebut kuota FLPP tahun 2024 ditambah 34.000 unit


Kemudian peresmian Jembatan Ciloseh di Kota Tasikmalaya yang selesai dibangun pada 2021-2023 dengan biaya APBN senilai Rp112,7 miliar.

Jembatan Ciloseh dibangun dengan panjang 252,1 meter dan lebar 22 meter menjadi ikon baru di Kota Tasikmalaya dengan 2 Tugu Kujang setinggi 25 meter.

Jembatan Ciloseh menghubungkan Lingkar Utara Tasikmalaya menuju perbatasan Kabupaten Ciamis, tepatnya ruas Jalan Cisumur – Garuda (Letjen H. Mashudi dan Jalan Nasional Dr. Mohamad Toha Tasikmalaya).

Pembangunan jembatan ini sebagai bagian lingkar Utara Kota Tasikmalaya diharapkan akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas menuju Bandara dan Kota Tasikmalaya.

Selain meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas, juga akan mengatasi kemacetan yang ada di dalam Kota Tasikmalaya.

Sebagai informasi, Presiden RI Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan 22 Ruas Jalan Daerah yang ditangani melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 tahun 2023 dan penggantian 16 Jembatan Callender Hamilton (CH) di Provinsi Jawa Barat serta pembangunan Jembatan Ciloseh yang berada di Kota Tasik.

Pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan di Jawa Barat bertujuan untuk meningkatkan konektivitas, mengefisienkan biaya logistik dan juga melancarkan mobilitas orang dan barang.

Baca juga: Menteri PUPR: Penerapan MLFF di jalan tol dilakukan secara bertahap

Baca juga: PUPR: Penambahan insentif PPN DTP beri kemudahan publik dapatkan rumah

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024