Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat memperbaiki area bangunan dan tanaman yang mati di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Amir Hamzah, Jalan Taman Matraman Timur, RT 02/04, Pegangsaan, Menteng.
 
"Kegiatan perbaikan sarana dan prasarana RPTRA yang memiliki lahan seluas sekitar 3.988 meter persegi (m2) itu menindaklanjuti hasil rapat evaluasi dari pengelola," kata Sekretaris Lurah Pegangsaan Fia Rahma Diani saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Kondisi sejumlah sarana dan prasarana di lingkungan RPTRA telah mengalami kerusakan sehingga membutuhkan perbaikan.
 
Selama proses perbaikan, pengelola menutup operasional RPTRA bagi pengunjung. Fia menyebut, perbaikan dilakukan sejak dua pekan lalu.

Baca juga: Sudin Pusip Jakbar targetkan 10 perpustakaan RPTRA terakreditasi
 
Perbaikan ini juga berkolaborasi dengan Suku Dinas (Sudin) Bina Marga, Sumber Daya Air (SDA) dan Sudin Pertamanan dan Hutan Kota (Tamhut) serta petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).
 
Fia menjelaskan, perbaikan terhadap sarana dan prasarana yang dilakukan meliputi pengecatan bangunan, perbaikan kanstin area dalam RPTRA, perbaikan lantai dan aspal. Kemudian, pihaknya juga melakukan perbaikan tanaman melihat banyaknya pohon yang mati dan rusak.
 
"Saat ini proses perbaikan telah rampung dan menyisakan tahap 'finishing'. Pengelola pun telah mulai membuka operasional RPTRA bagi pengunjung secara bertahap," kata Fia.
 
Fia berharap, perbaikan yang dilakukan akan membuat RPTRA semakin nyaman dan indah sehingga makin banyak dikunjungi warga. Masyarakat yang berkunjung juga diminta agar berpartisipasi menjaga kebersihan dan kenyamanan RPTRA Amir Hamzah.
 
"Karena lokasinya ada di tengah permukiman, sangat butuh dukungan masyarakat sekitar. Setelah 'finishing' selesai pekan ini, RPTRA akan total dioperasionalkan," ujar Fia.

Baca juga: DKI tingkatkan fungsi ruang layak anak lewat ajang Gebyar RPTRA 2024
 
Seorang warga RW 04 Kelurahan Pegangsaan, Diar mengaku senang dengan perbaikan yang dilakukan terhadap sarana dan prasarana RPTRA Amir Hamzah.
 
Selama ini, Diar rutin mengunjungi RPTRA Amir Hamzah mengajak anaknya yang masih usia TK dan Sekolah Dasar untuk bermain.
 
"Saya berharap setelah diperbaiki kebersihannya bisa dijaga. Sama kalau bisa ditambah sarana main perosotan anak yang belum ada," kata Diar.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024