Penghargaan ini memotivasi kami terus berinovasi dan berkomitmen pada prinsip-prinsip K3 demi kesejahteraan dan keselamatan kerja
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Gas (Pertagas), afiliasi dari Subholding Gas Pertamina, meraih empat penghargaan pada ajang Indonesia Safety Excellence Award (ISEA) 2024 yang mengakui upaya perusahaan dalam menghadapi tantangan dan memastikan keselamatan kerja di tengah situasi yang semakin kompleks.

“Keselamatan kerja adalah prioritas utama kami dalam setiap kegiatan operasional. Kami berkomitmen untuk menerapkan standar keselamatan serta memastikan bahwa setiap proses dilakukan dengan penuh perhatian terhadap risiko dan keselamatan di seluruh wilayah kerja," kata Direktur Teknik dan Operasi Pertamina Gas, Indra P Sembiring dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Ia menegaskan komitmen perusahaan terhadap keselamatan dan kesehatan kerja (K3) melalui penerapan budaya K3 di setiap aktivitas operasional. Penerapan budaya K3 ini menjadi landasan utama untuk memastikan keandalan penyaluran energi di seluruh wilayah operasi.

PT Pertamina Gas meraih beberapa penghargaan utama, di antaranya Excellence Award for Quality Program of Safety & Health, The Best Process Safety Management, dan The Best Improvement Safety Management Performance pada acara penganugerahan yang diselenggarakan di Bali.

Selain itu, atas komitmen manajemen terhadap penerapan budaya K3, Pertagas juga menyabet penghargaan The Best CEO Committed in OSH Culture, yang diberikan kepada Direktur Utama PT Pertamina Gas Gamal Imam Santoso sebagai pengakuan atas kepemimpinan dan dedikasinya dalam membangun budaya K3 di perusahaan.

Baca juga: Upacara HUT RI, Dirut Pertagas sebut peran penting di transisi energi

Baca juga: Pertagas Niaga pasok CNG untuk Perum Perhutani


Indra juga menambahkan bahwa penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi seluruh tim kami dalam menjaga standar keselamatan yang tinggi.

"Penghargaan ini juga memotivasi kami untuk terus berinovasi dan berkomitmen pada prinsip-prinsip K3 demi kesejahteraan dan keselamatan kerja,” ujarnya.

Sebagai bagian dari komitmen terhadap keselamatan kerja, PT Pertamina Gas menerapkan sejumlah inisiatif penting seperti HSSE Golden Rules, Proses Safety Fundamental dan Corporate Life Saving Rules (CLSR), yang merupakan pedoman mendasar untuk memastikan bahwa semua aspek keselamatan kerja diperhatikan dengan ketat.

Selain itu, Pertagas juga mencatatkan jam kerja selamat mencapai 104.137.430 jam hingga Agustus ini. Hal ini merupakan pencapaian yang menegaskan dedikasi perusahaan dalam menjaga standar keselamatan kerja yang tinggi.

Corporate Secretary Pertamina Gas, Muhammad Baron menyampaikan bahwa pihaknya komitmen untuk menerapkan prinsip HSSE (Health, Safety, Security, and Environment) di lingkungan kerja.

"Perusahaan bertekad untuk terus berinovasi dan menjaga keberlanjutan usaha serta produktivitas dengan memperhatikan nilai-nilai K3 di setiap proses bisnis," ujar Baron.

Baca juga: Pertagas salurkan gas ke kawasan industri di Jawa Tengah

Baca juga: Pertagas memperoleh tiga penghargaan TJSL & CSR Award 2024

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024