Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin meminta agar fasilitas pendidikan di Tanah Air dioptimalkan dalam mendukung pengembangan riset dan inovasi.

Hal itu disampaikan Wapres dalam sambutannya saat peresmian Gedung Kampus Akademi Televisi Indonesia-Institut Media Digital Emtek (ATVI-IMDE) di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Wapres: Pendidikan salah satu investasi terbesar untuk kemajuan bangsa

"Pertama, optimalkan gedung baru ini sebagai pusat pengembangan riset dan inovasi di industri media dan penyiaran yang lebih maju dan luas lagi," katanya.

Sebab, kata Wapres, pengembangan ilmu dan riset bidang penyiaran dan jurnalisme perlu didorong agar pengetahuan terus berkembang, tidak hanya terkonsentrasi pada ilmu terapan.

"Kedua, pertahankan budaya dan etika bangsa dalam menghadapi perkembangan industri media," ucap Wapres.

Ia menekankan bahwa generasi muda perlu dibekali tidak hanya dengan fondasi keahlian dan kemampuan bermedia, tetapi juga nilai moral yang kuat sesuai dengan budaya dan etika bangsa.

Yang tak kalah penting, menurut Wapres, dalam upaya menjalankan pendidikan yang maksimal, khususnya dalam menghadapi tantangan global saat ini ialah peningkatan kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan.

“Ketiga, tingkatkan kerja sama dan kolaborasi, baik dengan kampus di dalam maupun luar negeri guna memperluas jaringan dan memperkaya wawasan pasar global," tuturnya.

Wapres menjelaskan bertukar pikiran mengenai praktik baik dapat meningkatkan peluang keterlibatan mahasiswa dalam berbagai proyek riset dan inovasi yang bermanfaat bagi industri media digital Indonesia.

Baca juga: Kopertis: lulusan ATVI harus berani ambil risiko

Baca juga: Sudin Kominfotik Jakbar dan Kampus ATVI kerja sama kembangkan SDM


“Kampus dapat mendukung mahasiswanya melalui berbagai program beasiswa, pertukaran pelajar dan pengembangan kurikulum," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Wapres berharap fasilitas-fasilitas di ATVI seperti gedung kampus yang baru didirikan dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa sekaligus memotivasi pendidikan vokasi lain untuk melakukan pengembangan.

"Saya berharap manfaat gedung baru Kampus ATVI ini, selain dirasakan oleh mahasiswanya, juga dapat dijadikan contoh bagi lembaga pendidikan vokasi lainnya, khususnya dalam pengembangan kualitas dan fasilitas pendidikan," ucap Wapres.

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024