Jakarta (ANTARA) - Hari Jumat merupakan hari ke lima dalam daftar hari sepekan. Bagi umat Islam, Jumat dianggap istimewa karena dipercaya sebagai hari dipertemukannya Adam dan Hawa di Jabal Rahmah yang menjadi titik awal peradaban manusia.

Kata jumat diambil dari bahasa Arab yaitu “jum'ah” yang memiliki arti "berkumpul". Jumat merupakan hari yang istimewa dalam ajaran Islam.

Hari Jumat merupakan hari raya bagi umat Islam atau istilah lain juga disebut sayyidul ayyam (penghulunya hari). Banyak keutamaan yang ada di hari Jumat. Selain penuh berkah, hari Jumat juga dianggap sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa.

Dikisahkan dalam ajaran Islam bahwa Nabi Adam selaku manusia pertama di alam semesta ini diciptakan dan diturunkan ke bumi pada hari Jumat.

Dalam ajaran Islam pun dipercaya bahwa hari akhir atau hari Kiamat nanti terjadi pada hari Jumat.

Jika melihat sejarah tentunya banyak momen atau kejadian penting di dunia yang terjadi pada hari Jumat, baik sejarah dalam Islam ataupun peradaban umum di dunia

Lalu apa saja momen atau peristiwa penting yang terjadi pada hari Jumat? Berikut Antara News merangkum beberapa momen tersebut.

1. Diciptakannya Nabi Adam sebagai manusia pertama

Berdasarkan hadits riwayat sahabat Salman RA, Allah SWT menciptakan bapak umat manusia yaitu Nabi Adam AS diciptakan.

Allah SWT berfirman: “Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui” (QS. Al-Baqarah: 30)

2. Nabi Adam diturunkan ke Bumi

Nabi Adam AS beserta Istrinya Sayyidah Hawa atau Siti Hawa diturunkan ke bumi dari surga lantaran tak mampu menahan godaan syaitan dan nafsunya yakni memakan buah khuldi yang merupakan larangan Allah.

Peristiwa itu terjadi pada hari Jumat dan termaktub dalam Alquran, Surat Al-Baqarah ayat 36:

“Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan”.

3. Perang Nabi Musa dan Firaun

Pertempuran antara Nabi Musa dengan Firaun dikisahkan terjadi pada hari Jumat. Pada hari itu, Nabi Musa datang membawa ajaran tauhid dengan tongkat di tangannya, dia menemui Firaun.

Sementara itu Firaun adalah seorang raja yang sangat kuat dan mengakui dirinya sebagai Tuhan, ia juga seorang diktator yang semena-mena serta memiliki segala perangkat untuk menindas dunia yang berada di bawahnya.

Dalam Surat Thaha ayat 59, Allah berfirman, “Qaala mauidukum yaumuzzinati wa ian yuhsyara an-naasu dhuhan,”. Yang artinya, “Berkata Musa: ‘Waktu untuk pertemuan (kami dengan) kamu itu ialah di hari raya dan hendaklah dikumpulkan manusia pada waktu matahari sepenggalahan naik,”.

Syekh Aidh Al-Qarni menjelaskan bahwa peristiwa itu terjadi tepat di hari Jumat.

Hal ini merupakan pertarungan antara kebaikan dan kebatilan, pertarungan iman dan kekufuran, antara hidayah dan kesesatan.

4. Istana Buckingham dibom saat Perang Dunia kedua

Pada tanggal 13 September 1940, pasukan Jerman mengebom Istana Buckingham beserta kapelnya.

Momen itu merupakan ancaman besar karena saat bom itu meledak Raja George VI dan Ratu Elizabeth Bowes-Lyon sedang berada di dalam Istana.
Kejadian ini memakan banyak korban luka-luka dan satu korban jiwa bagi para pasukan pengaman Istana.

5. Tupac Shakur meninggal

Rapper legendaris asal Amerika Serikat ini meninggal setelah empat kali ditembak oleh anggota geng rivalnya di Las Vegas.

Ia meninggal dunia akibat luka-lukanya enam hari kemudian pada hari Jumat, 13 September.

Pada bulan September 2023, polisi menangkap salah satu saksi terakhir yang masih hidup atas pembunuhannya atas tuduhan pembunuhan. Duane "Keffe D" Davis didakwa oleh juri di Clark County, Nevada, atas satu tuduhan pembunuhan dengan menggunakan senjata mematikan, ditambah dengan peningkatan status geng. Penangkapan tersebut dilakukan setelah Davis berbicara beberapa kali di depan umum termasuk dalam sebuah memoar tentang keterlibatannya dalam kasus tersebut.

6. Munculnya Tulisan Hollywood

Tanda ikonik yang terdiri dari huruf-huruf setinggi 50 kaki di sisi bukit Mount Lee diresmikan di Hollywood Hills, Los Angeles, California pada Jumat, 13 Juli 1923.

Awalnya tulisan ini adalah HOLLYWOODLAND yang merupakan tanda iklan untuk pengembangan real estat pada area itu.

Empat huruf terakhir disingkirkan pada tahun 1949, sehingga huruf-huruf yang tersisa sekarang hanya Hollywood dan menjadi landmark bersejarah yang diakui di seluruh dunia.

7. Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia

Pada hari Jumat, 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia mencatatkan momen bersejarah yang tak terlupakan dengan memproklamasikan kemerdekaannya.

Bertempat di Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta, Soekarno yang didampingi Mohammad Hatta membacakan teks Proklamasi yang menandai lahirnya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Dengan demikian, hari Jumat bukan hanya sekadar hari dalam penanggalan mingguan, melainkan juga menyimpan berbagai momen bersejarah yang signifikan bagi peradaban manusia, tak terkecuali bangsa Indonesia.

Baca juga: Antara doeloe : "Microphon keramat" 1945 diserahkan ke Presiden Sukarno

Baca juga: ANTARA Doeloe : Volkswagen pertama di Indonesia

Baca juga: Link twibbon Jumat berkah beserta cara pakainya 

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024