Jakarta (ANTARA) - Maliq & D'Essentials mengungkapkan rasa bangganya karena akhirnya dapat menggelar tur konser perdana untuk album ke-9 mereka bertajuk "Can Machines Fall In Love?" atau "CMFIL" setelah 20 tahun lebih berkarier di industri musik Indonesia.

"Dari album ini, kita (akhirnya) bisa bikin konser tur Can Machines Fall in Love," kata vokalis Maliq & D'Essentials Indah Wisnuwardhana saat ditemui dalam konferensi pers Tur CMFIL di kawasan Senopati, Jakarta Selatan, Kamis.

Tur album CMFIL bukan sekadar ajang promosi lagu-lagu di album terbaru Maliq & D’Essentials. Lebih dari itu, tur album CMFIL menjadi momen perdana bagi keenam personel band tersebut untuk menggelar tur dan bertemu para pendengar baru yang semakin banyak dalam dua tahun terakhir.

Baca juga: Maliq & D'Essentials siap gelar tur album "CMFIL" di 2 negara

"Ini tur pertama Maliq selama 22 tahun berkarya. Sebelumnya, kami memang sering ke berbagai daerah, tetapi bukan dalam rangka tur album," kata penabuh drum Maliq & D'Essentials Widi Puradiredja.

Dia menambahkan, "Ini benar-benar kali perdana Maliq melakukan tur album ke beberapa kota dalam bentuk konser spesial".

Oleh karena itu, Widi dan rekan-rekannya siap menyajikan pengalaman konser yang berbeda dari pertunjukan musik mereka sebelumnya. Mulai dari durasi konser yang lebih lama dengan 20 lebih daftar lagu, aransemen spesial, hingga tata panggung yang menarik.

"Yang pasti konsep ini belum pernah ditampilkan di kota-kota yang sudah biasa kami kunjungi,” kata Widi.

Baca juga: MALIQ & D'Essentials meriahkan upacara HUT ke-79 RI di Istana Merdeka

Menariknya, Maliq & D'Essentials juga akan merilis merchandise edisi terbatas khusus tur CMFIL dengan tema berbeda di setiap kota. Nantinya, merchandise tur CMFIL juga dapat dipesan oleh penggemar dengan sistem pre order melalui toko daring resmi Maliq & D'Essentials.

"Kita buka online, tapi sistemnya PO (pre order) dan kita akan utamakan teman-teman yang datang dulu ke area konser," kata perwakilan dari promotor.

Grup musik yang berdiri sejak tahun 15 Mei 2002 itu akan memainkan set album CMFIL serta belasan lagu dari album lamanya di sejumlah kota di Indonesia dan Malaysia.

Mulai dari Makassar (Sulawesi Selatan) pada 18 Oktober 2024, Surabaya (Jawa Timur) pada 25 Oktober, Bali pada 29 Oktober, Yogyakarta pada 29 November, Bandung (Jawa Barat) pada 1 Desember, dan Kuala Lumpur (Malaysia) pada 29 Desember 2024.

Baca juga: Maliq & D'Essentials persembahkan album "Can Machines Fall In Love?"

"Kota-kota ini dipilih berdasarkan jumlah stream terbanyak, dan terpilihlah enam kota tersebut," kata Country Managing Director Warner Music Indonesia Triari Senawirawan.

Untuk kolaborasi artis atau penampil pembuka dalam tur album CMFIL, Maliq & D'Essentials belum berencana untuk melakukannya. Sejauh ini, grup tersebut akan fokus memaksimalkan aksi panggung mereka sebagai Maliq & D'Essentials secara utuh.

"Semoga (tur) ini lancar, kita sehat semua dan sesuai harapan yang kita mau," tutup Indah.

Informasi mengenai tur konser CMFIL Maliq & D'Essentials dapat dilihat melalui akun media sosial @northstarentertainment.id dan @maliqmusic.

Baca juga: Maliq & D'Essentials dikerumuni penonton saat tampil di Java Jazz

Baca juga: Maliq & D’Essentials gelar acara Resonate: The Story of Music

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024