Jakarta (ANTARA) - Di hari Jumat biasanya umat muslim memperbanyak amalan, salah satunya bersedekah. Sedekah bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti berbagi makanan terhadap sesama.

Sedekah berbagi makanan di hari Jumat ini biasa disebut dengan istilah Jumat Berkah. Berbagi makanan Jumat berkah ini, bisa dengan menyiapkan nasi kotak sederhana untuk dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

Hal ini lantaran Hari Jumat merupakan hari yang paling mulia dari hari lainnya, sebab Allah akan melipatgandakan pahala dari segala amal perbuatan baik umatnya.

Bagi umat muslim yang ingin berbagi makanan Jumat berkah, berikut beberapa ide menu yang bisa dicoba untuk menyiapkan sajian makanan Jumat berkah yang sederhana beserta cara membuatnya:

Ide menu makanan untuk Jumat berkah

1. Nasi + tumis sosis tahu jamur
Hanya dengan 3 bahan utama, tahu putih, sosis, dan jamur kancing, Anda bisa membuat hidangan tumis praktis. Potong dan belah setiap bahannya sebelum dicampur ke dalam bumbu tumisan berupa kecap manis, saus sambal, saus tiram, dan penyedap secukupnya. Memberikan hidangan lezat dengan cita rasa manis, gurih, dan sedikit pedas.

2. Nasi + telur ceplok balado dan tumis buncis
Nasi telur ceplok balado dan tumis buncis bisa dijadikan sebagai menu Jumat berkah, bahan dan cara penyajiannya cukup mudah. Cara penyajiannya dengan membuat bumbu balado kemudian masukan telur ceplok yang telah dimasak. Untuk membuat tumis buncisnya campurkan potongan bawang putih dan penyedap secukupnya.

3. Nasi + telur ceplok tahu kulit saos tiram
Menu telur ceplok tahu kulit saos tiram bisa menjadi menu praktis untuk Jumat berkah. Telor ceplok dan tahu kulit dimasak, lalu campurkan saos tiram dan penyedap secukupnya, memberikan hidangan lezat dengan cita rasa manis dan gurih.

4. Nasi + ayam suwir tempe orek
Olahan ayam suwir dengan tempe orek bisa menjadi pilihan untuk menu Jumat Berkah, dengan cara pembuatannya yang sederhana dan praktis. Sesuai namanya, menu ini terdiri dari daging ayam disuwir-suwir dan tempe iris yang sudah digoreng, kemudian keduanya dimasak dengan tambahan bumbu berupa kecap, saus tiram, dan bumbu penyedap secukupnya.

5. Nasi bakar cumi asin tempe
Nasi bakar bisa menjadi pilihan menu yang sederhana untuk dibagikan di Jumat Berkah. Menu ini dapat diisi dengan cumi asin dan tempe yang sudah dimasak, lalu siapkan daun pisang yang sudah dilemaskan dengan cara di panaskan dan isi dengan cumi dan tempe di atas nasi. Lalu gulung dan padatkan nasi ke dalam daun pisang kemudian di bakar. Tambahkan kemangi agar nasi bakar lebih beraroma.

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024