Jakarta, Indonesia, (ANTARA/PRNewswire)- Hari ini, Great Place To Work® mengumumkan daftar Best Workplaces in Asia™ 2024. Daftar ini disusun dengan data survei konfidensial yang mencakup pengalaman bekerja sekitar 6,9 juta karyawan di Asia. Dalam survei tersebut, karyawan berbagi tentang pengalaman bekerja, terutama aspek kepercayaan, inovasi, nilai-nilai perusahaan, dan kepemimpinan. Peringkat ini kemudian disusun berdasarkan respons tersebut.

Proses evaluasi menilai seberapa baik upaya yang dijalankan sebuah perusahaan dalam mewujudkan For All™ workplace experience, yakni ketika seluruh karyawan merasa terlibat, terlepas dari jati diri dan jabatannya.

Perusahaan yang terdaftar dalam Best Workplaces in Asia™ 2024 memiliki lebih banyak karyawan yang memiliki pengalaman berkarier positif dibandingkan perusahan lain di Asia. Ketika membangun aspek kepercayaan yang lebih baik dengan karyawan, sebuah perusahaan lebih siap menghadapi disrupsi--termasuk AI generatif. 

Dalam survei yang melibatkan lebih dari 7.000 karyawan di Asia dan Timur Tengah, Great Place To Work menemukan, kurang dari setengah jumlah karyawan ini (49%) mendapatkan pelatihan tentang risiko dan manfaat dari penggunaan AI di tempat kerja. Bahkan, hanya 46% responden mengaku telah mengikuti pelatihan tentang AI yang diadakan perusahaan tempat mereka bekerja.

Namun, pada perusahaan-perusahaan Best Workplaces™, 89% karyawan menilai perusahaannya mengapresiasi pihak-pihak yang mencoba hal-hal baru saat bekerja  — 13% lebih tinggi dari 76% karyawan yang berpendapat serupa di Indonesia.

Ketika karyawan menilai perusahaannya mengapresiasi pihak-pihak yang mencoba hal-hal baru, 69% karyawan ini lebih cepat beradaptasi dengan perubahan, bahkan 18% di antaranya berpeluang bekerja lebih keras  — dua unsur utama dari budaya kerja yang cepat menyerap penggunaan AI.

"Selamat kepada perusahaan-perusahaan yang tercantum dalam 'Best Workplaces in Asia'," ujar Michael C. Bush, CEO, Great Place To Work. "Perusahaan-perusahaan ini telah membuktikan, investasi SDM menghasilkan kinerja bisnis dan manfaat yang lebih baik bagi bumi."

"Pasar Asia Tenggara yang majemuk terus membuktikan daya tahan yang luar biasa di tengah tekanan global. Tahun ini, kami menyambut baik perusahaan-perusahaan 'Best Workplaces in Asia' yang terbukti mampu membangun resiliensi, serta berorientasi pada pertumbuhan ketika membangun dan mempertahankan budaya kerja yang baik.

Di antara 870 pemenang "Best Workplaces in Asia" di 15 negara, serta survei yang melibatkan 6,9 juta karyawan, perusahaan-perusahaan Best Workplaces selalu menciptakan tempat berkarier yang mendukung perkembangan setiap karyawan sehingga menjadi standar keunggulan baru di Asia," kata Evelyn Kwek, Managing Director, Great Place To Work® ASEAN & ANZ.

Daftar 30 perusahaan multinasional terbaik:

1.  DHL Express
2.  Hilton
3.  Cisco
4.  Hilti
5.  Apparel Group
6.  IHG
7.  Teleperformance
8.  AbbVie
9.  Al Dabbagh Group
10. Gastronomica ME
11. Agilent Technologies
12. AstraZeneca
13. Stryker
14. Accenture
15. Protiviti
16. Chalhoub Group
17. HP
18. Medtronic
19. Capella
20. Cadence
21. Micron
22. Amgen
23. Syngenta
24. Ericsson
25. Maersk
26. Adobe
27. Mastercard
28. BDP International
29. Takeda
30. Salesforce

Daftar "Best Workplaces in Asia" selengkapnya tersedia lewat tautan berikut: 

Tentang Daftar "Best Workplaces in Asia" 2024

Great Place To Work menyusun daftar "Best Workplaces in Asia™" 2023 dengan menganalisis program pengembangan karier di berbagai perusahaan, serta menyurvei lebih dari 2,7 juta karyawan di berbagai negara yang tersebar di Asia dan Timur Tengah. Survei ini mencerminkan pengalaman kerja sekitar 6,9 juta karyawan di wilayah tersebut.

Sebagai persyaratan mengikuti proses penilaian, sebuah perusahaan harus tercantum dalam satu atau lebih daftar "Best Workplaces™" di Bahrain, Tiongkok Raya (termasuk Tiongkok Daratan, Hong Kong, dan Taiwan), India, Indonesia, Jepang, Kuwait, Oman, Filipina, Qatar, Arab Saudi, Singapura, Korea Selatan, Sri Lanka, Uni Emirat Arab, atau Vietnam pada 2023 atau awal 2024.

Peringkat perusahaan disusun berdasarkan tiga kategori: usaha kecil dan menengah (10-499 tenaga kerja); perusahaan besar (500+ tenaga kerja); dan perusahaan multinasional. Perusahaan multinasional juga dievaluasi atas upayanya dalam menciptakan tempat berkarier terbaik di berbagai negara di Asia. Perusahaan multinasional harus tercantum minimum dalam dua daftar tingkat nasional di Asia dan Timur Tengah, serta memiliki jumlah karyawan minimum 1.000 orang di seluruh dunia, dan minimum 40%, atau minimum 5.000 karyawan tersebut bekerja di luar negara yang menjadi lokasi kantor pusatnya.

Tentang Great Place To Work

Sebagai lembaga terkemuka di dunia yang mengevaluasi budaya kerja, Great Place To Work telah menjalankan riset dan mengelola data inovatif selama 30 tahun. Lewat riset dan data tersebut, setiap perusahaan bisa menyediakan tempat berkarier yang terbaik bagi semua orang. Platform milik Great Place To Work dan "For All Model" membantu berbagai perusahaan mengevaluasi pengalaman bekerja setiap karyawan. Perusahaan-perusahaan terbaik meraih gelar " Great Place To Work Certified™" atau tercantum dalam daftar bergengsi "Best Workplaces".

Ikuti akun media sosial Great Place To Work di LinkedInFacebook, dan Instagram, atau greatplacetowork.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024