Medan (ANTARA) - Provinsi Riau dan DKI Jakarta masing masing berada di peringkat pertama pada klasemen sementara Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 dengan memperoleh satu emas di ajang olahraga nasional tersebut.

Kedua provinsi itu meraih emas dari cabang olahraga senam artistik yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Sumut, Medan, pada Rabu (28/8).

Keberhasilan Riau memperoleh emas berasal dari tim beregu putra cabang olahraga senam artistik. Sedangkan, DKI Jakarta meraih emas dari tim beregu putri senam artistik.

Atas raih-an itu Riau dan DKI Jakarta berada diperingkat pertama di klasemen sementara PON 2024 Aceh-Sumut.

Provinsi Jawa Timur berada diperingkat ketiga dengan memperoleh dua perak yang diraih dari regu putra dan putri tim senam artistik.

Sedangkan, Sumatera Selatan dan Sulawesi Selatan masing masing memperoleh satu perunggu dari cabang olahraga senam artistik.

Senam artistik menjadi cabang olahraga pertama yang dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional 2024 di wilayah Sumatera Utara.

Baca juga: Tim senam artistik beregu putri DKI Jakarta sabet emas di PON 2024

Perhelatan cabang olahraga itu dibuka langsung oleh Ketua Harian PB PON Sumut Bahharudiin Siagian, di Medan, Rabu.

Dalam sambutannya, Baharrudin Siagian mengajak seluruh peserta untuk tampil maksimal serta menjunjung sportifitas selama pertandingan.

Menurutnya, pertandingan pertama pada PON 2024 menjadi ini menjadi semangat dalam menyukseskan ajang olahraga nasional tersebut. "Prestasi penting, tapi tentunya kita menjunjung sportivitas dalam pertandingan," ujar Bahharudin.

Dengan sportivitas, kata dia, cabang olahraga yang akan dipertandingkan dapat berjalan dengan baik sehingga ajang olahraga nasional tersebut sukses dilaksanakan.

"Selamat bertanding. Mari berjuang untuk membanggakan daerah masing masing," ujar dia.

Pelaksanaan PON di Sumatera Utara mempertandingkan 34 cabang olahraga yang diikuti 6.608 atlet ditambah 3.320 ofisial yang tersebar di 10 kabupaten/kota se-Sumut.

Baca juga: Tim senam artistik beregu putra Riau raih emas pertama di PON 2024

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024