Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan para anggota dewan untuk senantiasa menyempurnakan praktik berdemokrasi sebab dalam membangun kelembagaan politik melalui pemilu membutuhkan biaya yang besar.

“Politik itu mahal, bahkan untuk kalah pun kita harus mengeluarkan dana yang besar. Oleh karena itulah, kita harus terus menyempurnakan praktik berdemokrasi yang semakin berkeadaban dalam memenuhi amanat konstitusi,” kata Puan.

Baca juga: Puan sampaikan laporan kinerja tahun 2023-2024 peringati HUT Ke-79 DPR

Hal itu disampaikan Puan Maharani pada pidatonya dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-79 DPR RI dan penyampaian laporan kinerja DPR RI Tahun Sidang 2023–2024 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Puan menyebut bahwa pada Tahun Sidang 2023–2024, DPR RI telah ikut mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 agar memenuhi amanat konstitusi yaitu pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

"Rakyat telah menggunakan haknya dan Pemilu 2024 telah terlaksana. Telah terpilih presiden dan wakil presiden, telah terpilih anggota DPR RI dan DPRD RI, serta telah terpilih anggota DPD RI," ujarnya.

Dia lantas berbicara soal pentingnya praktik demokrasi berkeadaban yang harus mampu memenuhi hak-hak rakyat sebagai amanat konstitusi Indonesia.

"Praktik pemerintahan negara yang demokratis telah berlangsung dari rezim pemerintahan yang satu ke rezim pemerintahan berikutnya. Paska reformasi, praktek berdemokrasi tersebut semakin diperkuat dan terukur," ujarnya.

Dia menyebut bahwa kedaulatan rakyat yang harus dilaksanakan oleh pemerintahan telah dipertegas pula melalui amandemen konstitusi, di mana negara wajib memenuhi hak-hak rakyat sebagai warga negara.

"Hak-hak rakyat sebagai warga negara inilah yang wajib dipenuhi oleh pemerintahan negara; eksekutif, legislatif, dan yudikatif melalui fungsi, kewenangan, dan kekuasaannya masing-masing," ucapnya.

Baca juga: DPR paparkan kinerja Masa Persidangan V Tahun Sidang 2022-2023

Puan menyoroti pula soal transformasi kelembagaan DPR dalam menyesuaikan dinamika politik dan sosial yang berkembang dari masa ke masa.

Menurut dia, setiap tantangan dan tuntutan zaman yang ada harus dijawab melalui fungsi dan kewenangan DPR RI.

"Harapan rakyat kepada kita, DPR RI, kita dapat menggunakan kekuasaan untuk memberikan jalan bagi rakyat hidup sejahtera, tenteram, dan mudah dalam segala urusan sehingga tidak ada lagi rakyat Indonesia yang tertinggal dan ditinggalkan, semua rakyat merasa kehadiran negara dalam kehidupannya yang semakin baik," paparnya.

Dia menegaskan bahwa sebagai lembaga negara yang juga merupakan lembaga politik, DPR berkomitmen untuk mendudukkan kepentingan negara yang lebih besar, selaras dengan konstitusi, dan tetap memperhatikan aspirasi dari rakyat.

Untuk itu, dia menekankan kekuasaan DPR RI harus dilaksanakan secara konstitusional, bermartabat, penuh hikmat kebijaksanaan, dan dekat dengan rakyat.

“Sehingga prinsip demokrasi sungguh-sungguh dijalankan dan kita ikut berperan penting dalam membangun peradaban demokrasi yang semakin berkedaulatan rakyat,” ujarnya.

Dia pun meminta kepada seluruh anggota dewan untuk bekerja bersama membangun kelembagaan DPR RI yang berintegritas sebab DPR RI harus memiliki kehormatan sesuai dengan kedudukannya dan mempersatukan rakyat dalam semangat gotong royong membangun Indonesia.

"Atas nama Pimpinan DPR RI, kami menyampaikan selamat bekerja dan berjuang dalam mengabdikan diri bagi kepentingan rakyat, bangsa, dan negara. Selamat Ulang Tahun Ke-79 DPR RI. Dirgahayu DPR RI," ucap dia.

Dalam pidatonya itu, Puan sekaligus memaparkan laporan kinerja DPR RI tahun sidang 2023-2024 dengan tema "DPR Perkuat Persatuan dan Gotong Royong Menuju Indonesia Sejahtera", yang menyangkut capaian dalam hal legislasi, penyusunan anggaran, pengawasan, hingga diplomasi parlemen.

Baca juga: Ketua DPR: 63 RUU telah selesai pada masa sidang 2023--2024
Baca juga: Puan: Kita harus biasakan yang benar dan bukan benarkan yang biasa

 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024