Banyuwangi (ANTARA) - Ratusan personel gabungan TNI-Polri diterjunkan untuk imbangan pengamanan di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jawa Timur, terkait kegiatan Indonesia-Africa Forum (IAF) ke-2 dan High Level Forum On Multi Stakeholders Partnership (HLF-MSP) 2024 di Bali, tanggal 1-5 September mendatang.

Dalam keterangannya di Banyuwangi, Kamis, Polda Jawa Timur melaksanakan imbangan pengamanan melalui operasi dengan sandi Operasi Puri Agung II 2024 yang juga digelar Polda Bali.

Baca juga: Pangdam Udayana imbau warga tak potong jalur tamu VVIP selama KTT IAF

Kepala Biro Operasi (Karoops) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Puji Santosa mengatakan, apel gelar pasukan dilaksanakan di Pelabuhan Ketapang untuk memastikan kesiapan pengamanan KTT di Bali.

"Sesuai amanat dari Bapak Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto, saya sampaikan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk segera melaksanakan tugas sesuai dengan jukrah pimpinan," katanya.

Baca juga: Kodam Udayana libatkan 3.000 prajurit amankan KTT IAF di Bali

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Nanang Haryoko menjelaskan bahwa ratusan personel gabungan TNI-Polri Banyuwangi akan dikerahkan dalam pengamanan ini.

"Banyuwangi yang berbatasan langsung dengan Pulau Bali dan merupakan daerah penyangga, maka diperlukan metode dan cara khusus dalam pengamanannya," ucapnya.

Baca juga: Kabaharkam cek pengamanan Pelabuhan Ketapang akses menuju Bali

Menurut Kombes Pol Nanang Haryoko, dalam melaksanakan tugas pengamanan sebagai imbangan untuk mendukung Operasi Puri Agung II 2024 yang dilaksanakan oleh Polda Bali sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang telah ditentukan.

Pelibatan satuan wilayah dalam pengamanan ini dikarenakan Banyuwangi yang beririsan langsung dengan Bali, sebagai daerah yang menjadi venue utama.

"Banyuwangi merupakan salah satu pintu keluar masuk Bali, jadi kami akan pertebal pengamanan untuk antisipasi," kata Kapolresta.

Baca juga: Pengamanan Pelabuhan Ketapang Diperketat

Tanggung jawab yang sangat besar untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya KTT di Bali, katanya, personel gabungan Polresta Banyuwangi akan disebar di beberapa titik yang menjadi pintu keluar masuk Pulau Bali.

"Optimistis mewujudkan agenda KTT yang aman dan kondusif, dan diharapkan pelaksanaan Operasi Puri Agung II 2024 di Bali akan berlangsung sukses," ujar Kapolresta Banyuwangi.

Baca juga: Polda Bali mulai persiapkan pengamanan Forum Indonesia-Afrika
Baca juga: Kodam Udayana matangkan kesiapan Satgas PAM VVIP KTT IAF di Bali 

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024