konten digital ini sebagai sarana untuk memperluas pasar produk agar lebih dikenal oleh masyarakat luar daerah
Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, memotivasi para pelaku usaha kuliner untuk memanfaatkan perkembangan teknologi dengan kemampuan menciptakan konten digital sebagai upaya mengembangkan usaha mereka.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Kota Pekalongan Supriadi di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa pembuatan konten digital ini sebagai sarana promosi produk agar bisa meningkatkan daya saing.

"Selain itu, konten digital ini sebagai sarana untuk memperluas pasar produk agar lebih dikenal oleh masyarakat luar daerah," katanya.

Menurut dia, saat ini produk kuliner tidak hanya mengandalkan rasa dan kualitas makanan saja tetapi pelaku usaha juga perlu memprioritaskan strategi pemasaran digital yang efektif.

"Tujuannya untuk menarik lebih banyak pelanggan menyukai produk kuliner tersebut," katanya.

Baca juga: Pemkot Pekalongan bangun tiga rumah pompa atasi banjir dan rob

Baca juga: Pemkot Pekalongan bangun TPST senilai Rp2,8 miliar


Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Pekalongan Inggit Soraya mengatakan dengan pertumbuhan ekonomi digital maka masyarakat bisa semakin mengandalkan internet untuk segala kebutuhan sehari-hari termasuk dalam mencari dan memesan makanan.

Peluang itu, kata dia, harus disadari oleh para pelaku usaha bagaimana memanfaatkan teknologi itu agar mampu meningkatkan omset penjualan produknya.

"Kami berharap semoga UKM bisa berkembang melalui promosi dengan media daring karena sekarang ini penjualan tidak hanya luring tetapi harus merambah ke luring, lebih kreatif dengan konten supaya produknya terlihat lebih menarik," katanya.

Baca juga: Pemkab Serang belajar pemanfaatan dan pemasaran batik Pekalongan

Baca juga: Pemkot Pekalongan buka peluang usaha kuliner dan kerajinan

 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024