Jakarta (ANTARA) - Bek tengah Manchester United Jonny Evans yang kini berusia 36 tahun memutuskan pensiun dari tim nasional Irlandia Utara.

"Setelah berpikir dan mempertimbangkan, setelah 18 tahun berkiprah di timnas, saya merasa ini saatnya pensiun dari sepak bola internasional," kata Evans dalam laman MU di Jakarta, Kamis.

Selama 18 tahun itu, Evans memainkan 107 pertandingan bersama Irlandia Utara, termasuk Kualifikasi Piala Eropa, Liga Bangsa-Bangsa Eropa dan Piala Eropa.

Hanya ada tiga pesepak bola putra dan dua pemain putri Irlandia Utara yang memiliki catatan bermain lebih dari Evans, yakni Steven Davis, Aaron Hughes, Pat Jennings, Julie Nelson dan Ashley Hutton

Evans mengaku sangat tersanjung bisa mengenakan seragam hijau timnas Irlandia Utara selama belasan tahun sejak mencatatkan debut pada 2006 hingga menjalani laga terakhir pada Juni 2024.

Menurut dia, suporter Irlandia Utara yang terus memberikan dukungan adalah yang terbaik di dunia.

"Dukungan dan cinta dari para fan akan selalu saya ingat," kata Evans.

Baca juga: Manuel Ugarte menuju Manchester United

Dia melanjutkan, salah satu pengalaman tidak terlupakannya bersama timnas Irlandia Utara adalah saat berlaga dalam Piala Eropa 2016 di  Prancis.

Turnamen tersebut merupakan Piala Eropa pertama yang diikuti Irlandia Utara yang bahkan belum terulang sampai kini. Saat itu, Irlandia Utara menembus babak 16 besar.

"Mampu berlaga dalam turnamen besar mewakili negara adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Malam-malam di Prancis, ditemani 'lautan hijau' para suporter menjadi kenangan yang akan saya ingat selamanya," tutur Evans.

Evans berterima kasih pula kepada rekan-kekan satu timnya, saat ini dan sebelumnya, serta para pelatih Irlandia Utara yang pernah melatihnya.

Terima kasih juga disampaikannya kepada famili dan keluarga kecilnya, yakni Helen sang istri dan tiga anaknya Lottie, Heidi dan Eli.

"Untuk istri dan anak-anak saya, terima kasih sudah menjadi sumber inspirasi dan motivasi. Kalian memberikan saya kekuatan untuk terus bertahan," ujar Evans.

Meski demikian, di level klub, Evans masih memperkuat Manchester United karena kontraknya masih tersisa hingga Juni 2025.

Baca juga: Brighton rekrut Matt O'Riley perkuat lini tengah

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024