kegiatan ini merupakan bagian dari program "IHC Goes To School," yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat dan keselamatan sejak dini
Jakarta (ANTARA) - Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), Jakarta Selatan mengajak siswa mempelajari dunia kesehatan dan keselamatan melalui kegiatan "Dokter Kecil Goes to RSPP".
 
"Kegiatan ini merupakan wujud komitmen RSPP untuk tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan yang optimal, tetapi juga untuk mendidik generasi muda tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan," kata Direktur RSPP, Neny Herawaty di Jakarta, Kamis.
 
Neny mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari program "IHC Goes To School," yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat dan keselamatan sejak dini.
 
"IHC Goes to School" kali ini juga memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk berperan sebagai "dokter kecil" dan pasien.
 
Dalam sesi ini, mereka memainkan peran sebagai dokter dengan menggunakan alat-alat medis sederhana, serta merasakan pengalaman menjadi pasien.
 
Aktivitas ini diharapkan tidak hanya menambah wawasan mereka tentang dunia medis, tetapi juga menumbuhkan rasa empati dan kepercayaan diri.
 
Diharapkan kegiatan ini dapat membekali anak-anak dengan pengetahuan untuk menciptakan generasi yang lebih sehat dan sadar akan pentingnya keselamatan.
 
Kemudian, salah satu materi utama yang disampaikan dalam acara ini adalah tentang Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), yang dibawakan oleh Ria Novitasari.
 
Materi ini mencakup pentingnya mencuci tangan dengan benar, menjaga kebersihan diri, serta menerapkan pola makan yang sehat.
 
Selain edukasi tentang pola hidup sehat, anak-anak juga diberikan pengetahuan mengenai cara penanggulangan kebakaran.
 
Materi ini disampaikan oleh Head of HSE RSPP Hany Winihastuti yang menjelaskan langkah-langkah dasar yang harus dilakukan ketika menghadapi situasi darurat.
 
Selanjutnya anak-anak diajak untuk mempraktikkan cara memadamkan api di bawah bimbingan Sr. Officer Safety RSPP, Ujang Supriadi.
 
"Mereka diajak melakukan cara-cara sederhana untuk menghadapi situasi darurat kebakaran, seperti cara memadamkan api dengan benar, cara evakuasi yang aman, dan pentingnya mengetahui nomor darurat," ujarnya.
 
Setelah sesi edukasi dan praktik, para siswa diajak untuk mengikuti kunjungan rumah sakit (hospital tour) di RSPP dengan mengunjungi berbagai fasilitas kesehatan, termasuk Klinik Jantung, Klinik Anak, Klinik Mata, Klinik Gigi, dan Laboratorium.
 
Kunjungan ini dirancang untuk menunjukkan kepada anak-anak berbagai ragam pelayanan kesehatan yang ada, serta bagaimana setiap fasilitas tersebut berfungsi dalam melayani pasien.
 
Acara ini diikuti oleh 40 siswa dari SDN 07 Kramat Pela dan SDN 01 Kramat Pela, Jakarta Selatan.
Baca juga: 20 dokter periksa kesehatan bakal cagub-cawagub DKI Jakarta
Baca juga: KPU DKI-RSUD Tarakan jalin kerja sama pemeriksaan bakal cagub-cawagub
Baca juga: Kesehatan Jakpus selenggarakan lomba inovasi untuk tingkatkan layanan

 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024