Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan kunjungan kerja (kunker) ke Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis siang, usai meresmikan sejumlah proyek infrastruktur di Kabupaten Tasikmalaya.

Biro Pres, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden di Jakarta menginformasikan Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Joko Widodo lepas landas dari Bandara Wiriadinata, Kota Tasikmalaya, sekitar pukul 13.20 WIB, dengan menggunakan Pesawat RJ-85.

Turut melepas keberangkatan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana adalah Sekda Provinsi Jabar Herman Suryatman, Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah dan istri, Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata dan istri, Kapolres Tasikmalaya AKBP Haris Dinzah dan istri, serta Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Taufik Agus Hidayat dan istri.

Di Kota Bandung, Presiden Jokowi akan meresmikan Gedung Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) sekaligus meninjau pelayanan kesehatan di lokasi tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi targetkan 61 proyek bendungan rampung akhir 2024

Sebelumnya di Tasikmalaya, Presiden Jokowi meresmikan sejumlah infrastruktur penting, meliputi penggantian 16 Jembatan Callender Hamilton (CH), Jembatan Ciloseh di Kota Tasikmalaya, serta pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah (IJD) di Jembatan Citanduy, Kota Banjar.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa penggantian 16 Jembatan Callender Hamilton yang tersebar di delapan kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan konektivitas dan memperkuat infrastruktur di wilayah tersebut.

Jembatan-jembatan tersebut memiliki panjang total 1.030 meter dan menelan biaya investasi sebesar Rp1,9 triliun.

Baca juga: Presiden Jokowi sebut Bendungan Leuwikeris menelan biaya paling besar

Selain itu Presiden Jokowi juga meresmikan 22 ruas jalan sepanjang 121 kilometer yang dikerjakan melalui Program Inpres Jalan Daerah (IJD). Proyek tersebut mencakup 13 kabupaten dan kota di Jawa Barat dengan anggaran sebesar Rp521 miliar.

Dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi turut meresmikan Jembatan Ciloseh di Kota Tasikmalaya yang menelan biaya Rp112 miliar. Jembatan ini merupakan bagian dari lingkar utara Kota Tasikmalaya yang diharapkan dapat meningkatkan konektivitas serta mengatasi kemacetan di dalam kota.

Agenda Presiden di Tasikmalaya diakhiri dengan meresmikan Bendungan Leuwikeris berkapasitas daya tampung 81 juta meter kubik air dengan anggaran senilai Rp3,5 triliun.

Bendungan Leuwikeris dengan luas genangan air mencapai 243 hektare itu memerlukan waktu delapan tahun untuk pembangunannya.

Baca juga: Presiden Jokowi berharap diskusi perdamaian dengan Paus Fransiskus

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024