para peserta yang ikut kegiatan ini merupakan hasil pilihan dari lomba yang telah diselenggarakan sebelumnya dan mewakili tingkat kota
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi  DKI Jakarta meningkatkan fungsi ruang layak anak melalui ajang Gebyar Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) tingkat provinsi tahun 2024 yang berlangsung hari ini hingga Jumat (30/8).
 
"Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahun yang dilaksanakan secara berjenjang sebagai wujud komitmen pemerintah provinsi menjadikan Jakarta sebagai kota layak anak," kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) DKI Jakarta, Marini Sri Indraswari di kantornya Jalan Cempaka Putih Timur, Kamis.
 
Marini menyebut para peserta yang ikut kegiatan ini merupakan hasil pilihan dari lomba yang telah diselenggarakan sebelumnya dan mewakili tingkat kota.
 
Sebanyak 186 peserta itu terdiri dari 60 orang peserta lomba kinerja pengelola RPTRA, 18 orang peserta lomba kategori mewarnai anak, 30 orang peserta lomba menari anak, 18 orang peserta lomba menyusun lego anak, dan 60 orang peserta futsal anak.
 
"Kegiatan Gebyar RPTRA diisi sejumlah lomba yang diikuti total sebanyak 186 peserta dengan jumlah pendamping sebanyak 70 orang," ujar Marini.
 
Pelaksanaan kegiatan Gebyar RPTRA tahun 2024 ini digelar di dua lokasi, yakni Kantor Dinas PPAPP DKI Jakarta, Jalan Cempaka Putih Timur dan RPTRA Borobudur, Jalan Borobudur RT 09/02 Kelurahan Pegangsaan, Menteng.
 
"Lomba kinerja pengelola RPTRA terkait dengan implementasi program Biro Kesejahteraan Sosial (Kesos),  DPPAPP, KPKP, Kebudayan, Pendidikan serta Dinas Pemuda dan Olahraga (Pora) DKI Jakarta," ucap Marini.
 
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta Mirdiyanti menegaskan RPTRA bukan hanya sebagai fasilitas publik yang disediakan Pemprov DKI Jakarta bagi warga. RPTRA juga merupakan bentuk komitmen untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota layak anak.
 
"RPTRA adalah tempat dimana seluruh elemen masyarakat berkumpul, berinteraksi dan berkembang bersama. Terima kasih Dinas PPAPP dan TP PKK DKI Jakarta yang telah menyelenggarakan kegiatan ini," kata Mirdiyanti.
 
Menurut Mirdiyanti, kegiatan Gebyar RPTRA ini merupakan wujud apresiasi dan dukungan semua pihak terhadap eksistensi RPTRA serta peran para pengelola dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
"Semoga kegiatan ini bisa memberikan semangat baru pada pengelola RPTRA untuk terus berkontribusi menciptakan lingkungan yang aman, nyaman dan tertib bagi seluruh warga Jakarta," ucap Mirdiyanti.
Baca juga: Jakpus beri edukasi gizi seimbang lewat dongeng di RPTRA Hari Suci
Baca juga: Puskesmas Johar Baru luncurkan layanan pemeriksaan ibu hamil
Baca juga: Jakpus latih warga buat olahan daging ternak di RPTRA Sahara

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024