Jakarta (ANTARA) - Duta Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024 Lady Dyandra mengemukakan bahwa mayoritas anak muda sekarang sudah memprioritaskan keberlanjutan.

"Bisa dikatakan 60 sampai 70 persen anak muda sudah mulai menjadikan isu ini sebagai prioritas mereka," kata Lady dalam konferensi pers tentang persiapan pelaksanaan ISF 2024 di Jakarta, Kamis.

Puteri Indonesia Inteligensia 2024 ini mengatakan bahwa kebanyakan anak muda sudah memperhatikan keberlanjutan, yang pewujudannya selain membutuhkan kebijakan pemerintah dan peran pelaku bisnis juga memerlukan partisipasi dari masyarakat termasuk kaum muda.

"Indonesia merupakan very strategic global player untuk sustainability issue. Kami sebagai pemuda juga menganggap bahwa isu sustainability ini adalah concern yang sangat penting kami jaga," katanya.

Lady berharap kehadiran perwakilan anak muda dalam forum keberlanjutan tingkat internasional selanjutnya dapat mendorong kaum muda untuk menjalankan aksi-aksi nyata yang dapat dicontoh masyarakat dalam upaya mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.

Baca juga: Jamuan makan malam tamu ISF 2024 akan digelar di Monas

Baca juga: Duta ISF Dion Wiyoko promosikan keberlanjutan dengan gaya hidup hijau

Forum Keberlanjutan Indonesia dibentuk sebagai platform untuk mendorong kolaborasi dan berbagi praktik baik antar-pemangku kepentingan dalam aksi dekarbonisasi, yang ditujukan untuk mewujudkan pertumbuhan berkelanjutan.

Indonesia International Sustainability Forum 2024 akan diselenggarakan di Jakarta Convention Center dari 5 sampai 6 September untuk membahas berbagai isu seputar keberlanjutan.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menunjuk Lady Dyandra serta aktor Dion Wiyoko dan aktris Chelsea Islan sebagai Duta ISF 2024 untuk mendukung penyampaian informasi mengenai isu keberlanjutan kepada masyarakat.

"Teman-teman kita ada beberapa duta yang dilibatkan sebagai salah satu perwakilan kita di Indonesia, perwakilan para pemuda pemudi kita, karena ini tidak hanya cerita pemerintah, policy maker, business man, tapi ini isu sustainability adalah isu yang melibatkan segenap masyarakat, dan tentunya anak muda," kata Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Rachmat Kaimuddin.

Baca juga: Ketua MPR dorong pembangunan berkelanjutan di IKN

Baca juga: Pemerintah luncurkan kampanye dukung pariwisata berkelanjutan

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024