Venesia (ANTARA) - Festival Film Venesia ke-81 dibuka pada Rabu (28/8) di Pulau Lido di Venesia, Italia, dengan menampilkan 21 film yang bersaing memperebutkan penghargaan bergengsi Golden Lion.

Festival itu dibuka dengan pemutaran perdana "Beetlejuice, Beetlejuice", film terbaru karya sutradara Tim Burton, dengan upacara pembukaan dipandu oleh aktris Italia Sveva Alviti.
 
 Foto yang diambil pada 28 Agustus 2024 ini menunjukkan pemandangan Palazzo del Cinema di Pulau Lido, di Venesia, Italia.  (Xinhua/Li Jing)


Juri internasional dipimpin oleh aktris Prancis Isabelle Huppert, yang dikenal memenangkan beberapa penghargaan Aktris Terbaik di Cannes dan penghargaan film bergengsi lainnya. Aktris China Zhang Ziyi juga menjadi salah satu anggota juri untuk ajang tahun ini

Jajaran film yang diputar tahun ini termasuk drama kriminal "Joker: Folie à Deux", dengan Joaquin Phoenix memerankan Joker dan Lady Gaga sebagai pasangan romantisnya; "The Room Next Door", film berbahasa Inggris pertama karya sutradara Spanyol peraih Oscar, Pedro Almodóvar; "Maria", yang dibintangi oleh Angelina Jolie sebagai legenda opera Maria Callas; dan film thriller "Baby Girl" yang dibintangi oleh Nicole Kidman.

Selain kompetisi utama, festival itu juga menampilkan seksi lain yang menyoroti film-film yang mewakili tren estetika dan ekspresif terbaru, film debut, dan karya-karya realitas virtual (virtual reality/VR).

Pertama kali diselenggarakan pada 1932, Festival Film Venesia merupakan festival film tertua di dunia. Bersama dengan Festival Film Cannes di Prancis dan Festival Film Internasional Berlin di Jerman, festival ini merupakan salah satu dari tiga festival film utama di Eropa.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024