kita mau membuat Indonesia konsisten forum ini menjadi agenda tahunan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pelaksanaan International Sustainability Forum (ISF) 2024 merupakan kelanjutan dari agenda tahun lalu yang juga diharapkan mampu menghasilkan berbagai kesepakatan.
​​
“ISF saya kira juga menjadi hal penting bagaimana untuk forum yang akan digelar di JCC itu kelanjutan dari ISF tahun lalu, kita mau membuat Indonesia konsisten forum ini menjadi agenda tahunan,” ujar Luhut dalam sambutan yang disampaikan secara daring di Jakarta, Kamis.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves Rachmat Kaimuddin mengatakan, hingga kini tercatat sebanyak 8.000 lebih peserta yang telah mendaftar.

Gelaran yang menghadirkan sekitar 15 sesi diskusi tematik serta pertemuan lainnya ini bakal membahas mengenai penyelarasan pertumbuhan ekonomi dan membangun industri hijau lewat sumber energi yang baru dan terbarukan, diskusi mengenai teknologi hingga menjaga lingkungan dari polusi udara dan pengelolaan sampah.

Dalam gelaran ini, lanjut dia, para delegasi undangan akan menggunakan kendaraan listrik sebagai bentuk implementasi mengurangi emisi karbon.

Sejumlah perwakilan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia hingga Vatikan juga dilaporkan akan menghadiri gelaran yang dihelat pada 5-6 September 2024 di Jakarta ini.

Lebih jauh, Wakil Ketua Umum Koordinator Bidang Kemaritiman, Investasi dan Luar Negeri Kadin Shinta W. Kamdani mengungkapkan, gelaran ISF diharapkan semakin mengukuhkan Indonesia sebagai pelaku dari ekonomi yang berkelanjutan.

ISF juga diharapkan mampu menjadi ajang untuk bertukar pikiran dan belajar dari sisi penerapan praktik terbaik terkait keberlanjutan serta mempromosikan kekayaan Indonesia yang memiliki banyak peluang usaha dengan mengedepankan prinsip keberlanjutan atau sustainability.

“ini juga kesempatan untuk promosikan Indonesia ajang yang bisa memperlihatkan bagaimana negara kita yang kaya ini bisa menjadi satu kesempatan membawa lebih banyak peluang,” pungkasnya.

ISF 2024 merupakan gelaran yang mengumpulkan para pemimpin dunia dari berbagai sektor dan negara untuk bertukar pikiran, menawarkan solusi dan berbagi praktik terbaik dalam aksi iklim.

Forum ini akan menyoroti lima pilar utama: ekonomi hijau, transisi energi, konservasi alam dan keanekaragaman hayati, gaya hidup berkelanjutan, dan ekonomi kelautan.

Baca juga: Kemenko Marves upayakan lalu lintas Jakarta aman selama ISF 2024
Baca juga: Presiden dijadwalkan buka Indonesia International Sustainability Forum
Baca juga: Kemenko Marves-Kadin gelar ISF pada September 2024

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024