Jakarta (ANTARA) - Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) menggelar E-Basketball Championship 2024 untuk membangkitkan skena atau subkultur esport bola basket di Indonesia.

Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi menjelaskan kejuaraan ini bertujuan menemukan potensi-potensi baru NBA 2K di Indonesia yang diharapkan memperkuat Tim Nasional E-Basketball Indonesia.

"Dengan membangkitkan skena E-Basketball, diharapkan nanti mendapatkan banyak potensi yang bisa dimaksimalkan untuk memperkuat Timnas Esports di masa mendatang," ujar Nirmala dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Acara ini akan dilaksanakan pada 31 Agustus 2024 di Gamers Paradise, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, dengan menghadirkan 64 peserta terpilih dari ratusan pendaftar.

Ketua Bidang Esports PP Perbasi Pasya Marta Putra mengungkapkan turnamen ini mengusung tema #SaatnyaJadiSatu, yang tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, tetapi juga wadah berkumpulnya komunitas NBA 2K di Indonesia.

"Sehingga semakin mempererat hubungan antar pemain dan penggemar," kata Pasya.

Baca juga: LRT Jabodebek gelar kompetisi esport untuk apresiasi pengguna

Pasya menjelaskan bahwa turnamen ini dilakukan secara luring di mana semua peserta berkumpul di lokasi yang sama untuk bersaing memperebutkan gelar juara.

Dari ratusan pemain yang mendaftar, hanya 64 yang terpilih berkompetisi dalam turnamen ini dengan format eliminasi tunggal, yang berarti setiap pertandingan akan menentukan nasib mereka dalam kompetisi.

"Ratusan pemain NBA 2K24 telah mendaftarkan diri untuk mengikuti E-Basketball Championship. Turnamen ini diharapkan menjadi ajang adu strategi dan keterampilan," jelas Pasya.

Total hadiah dalam turnamen ini mencapai Rp10 juta, dengan tambahan acara undian untuk peserta dan pengunjung di mana lima pemenang mendapatkan hadiah senilai total Rp10 juta.

Pada puncak acara, Tim Nasional E-Basketball Indonesia yang terbaru akan diperkenalkan kepada publik. Tim ini merupakan hasil seleksi dari talenta-talenta terbaik di seluruh Indonesia dan akan berlaga pada eFIBA Season 3 2024.

Baca juga: SGGA 2024 diekspansi buka peluang jaring talenta gamers makin besar

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024