Alhamdulillah Pemkot Samarinda menerima bankeu Pemprov Kaltim sebesar Rp588 miliar yang kita gunakan untuk pembangunan sarpras pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Juga kegiatan yang bersifat spesifik seperti penanganan stunting dan pelatihan peningk
Samarinda (ANTARA) - Kota Samarinda menjadi daerah penerima Bantuan Keuangan (Bankeu) terbesar dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yakni Rp588,3 miliar untuk 2024.

Kepala Bagian Pengendalian Administrasi Pelaksanaan Pembangunan Wilayah Biro Administrasi Pembangunan (Adbang) Setdaprov Kaltim, Erwin Dharmawan di Samarinda, Kamis, menjelaskan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menyalurkan bankeu kepada pemerintah kabupaten dan kota se- Kaltim sebesar Rp1,8 triliun untuk tahun anggaran 2024.

Kota Samarinda, Ibu Kota Provinsi Kaltim, menerima bankeu terbesar bersama Kabupaten Paser dan Berau.

"Samarinda ini penerima terbesar. Disusul Paser dan Berau," katanya.

Sementara, jumlah transfer bankeu dari Pemprov Kaltim sebesar Rp385 miliar. Terdiri dari transfer bankeu non spesifik tahap II sebesar 65 persen dan transfer bankeu spesifik, tuntas 100 persen.

Kepala Bagian Administrasi Pembangunan (Kabag Adbang) Setdakot Samarinda, Suryo Priyo Raharjo mengungkapkan, alokasi bankeu Pemprov Kaltim banyak dimanfaatkan dalam peningkatan kualitas sarana dan prasarana fasilitas umum di Kota Tepian.

Di antaranya meliputi peningkatan kualitas jalan se-Kota Samarinda, rehabilitasi jembatan, median dan trotoar, perbaikan saluran drainase, pengadaan dan pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU), serta pengadaan dan pemasangan sarana dan prasarana penunjang Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

"Alhamdulillah Pemkot Samarinda menerima bankeu Pemprov Kaltim sebesar Rp588 miliar yang kita gunakan untuk pembangunan sarpras pekerjaan umum dan perumahan rakyat. Juga kegiatan yang bersifat spesifik seperti penanganan stunting dan pelatihan peningkatan keterampilan di sektor konstruksi," kata Suryo Priyo Raharjo.

Ia berharap bankeu Pemprov Kaltim dapat menjadi stimulasi percepatan pembangunan di Kota Samarinda yang kini tengah bertransformasi sebagai kota mitra IKN.

Baca juga: Pemprov Kaltim salurkan Rp1,8 triliun bankeu kabupaten dan kota
Baca juga: Wali Kota Samarinda: Karnaval tampilkan spirit ragam budaya pilar IKN

Pewarta: Arumanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024