Laba gabungan perusahaan industri besar naik 3,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada periode Januari-Juli atau meningkat 0,1 poin persentase dibandingkan pertumbuhan yang tercatat di semester pertama tahun ini
Beijing (ANTARA) - Sektor industri China menunjukkan tanda-tanda pemulihan berkelanjutan dengan pertumbuhan laba yang meningkat dalam tujuh bulan pertama pada 2024, yang didorong oleh peningkatan permintaan pasar dan menguatnya pendorong pertumbuhan baru.

Laba gabungan perusahaan industri besar naik 3,6 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada periode Januari-Juli atau meningkat 0,1 poin persentase dibandingkan pertumbuhan yang tercatat di semester pertama tahun ini, kata Biro Statistik Nasional (National Bureau of Statistics/NBS) China dalam sebuah pernyataan pada Selasa (27/8).

Pada Juli 2024, laba meningkat sebesar 4,1 persen dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2023. Angka itu juga 0,5 poin persentase lebih tinggi dari Juni tahun ini dan menandai percepatan selama dua bulan berturut-turut.

Ahli statistik NBS Yu Weining menyoroti bahwa sektor industri telah mempertahankan pemulihan yang kuat, dengan produksi yang stabil dan peningkatan dalam pengembangan berkualitas tinggi.

Dari 41 sektor industri utama, sebanyak 21 di antaranya melaporkan pertumbuhan laba yang lebih cepat atau penurunan yang mengecil dalam tujuh bulan pertama pada 2024, menurut data resmi.

Sektor manufaktur teknologi tinggi berperan sebagai kontributor signifikan untuk tren positif ini dengan laba tumbuh 12,8 persen (yoy) atau jauh melampaui rata-rata industri secara keseluruhan sebesar 9,2 poin persentase. Manufaktur teknologi tinggi menyumbang hampir 60 persen dari total pertumbuhan laba industri.

Secara khusus, pertumbuhan dalam sektor industri kelas atas (high-end), pintar, dan hijau mendorong peningkatan laba yang pesat, menurut Yu.

Misalnya, laba dalam produksi baterai lithium-ion melonjak 45,6 persen, laba manufaktur perangkat semikonduktor meningkat 16 persen, sementara laba produksi perangkat konsumen pintar naik 9,2 persen.

Sektor manufaktur peralatan juga mengalami pertumbuhan yang stabil. Sektor ini yang mencakup lebih dari sepertiga dari total laba industri, membukukan peningkatan 6,1 persen pada periode Januari-Juli dengan keuntungan signifikan di sektor perkeretaapian, pembuatan kapal, kedirgantaraan, dan elektronik.

Selain itu, manufaktur barang konsumen membukukan peningkatan laba yang kuat sebesar 10,2 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, kata Yu.

Dari 13 sektor barang konsumen utama, 11 sektor mengalami pertumbuhan laba, dengan delapan di antaranya mengalami tingkat pertumbuhan lebih dari 10 persen khususnya, industri kertas dan serat kimia yang mencatatkan kenaikan laba lebih dari dua kali lipat.

Para analis meyakini pemulihan yang semakin cepat di sektor industri ini menunjukkan pemulihan yang stabil dalam ekonomi yang lebih luas. Produk Domestik Bruto (PDB) China tumbuh 5 persen (yoy) pada semester pertama 2024.

Pemerintah China meluncurkan serangkaian langkah untuk mendukung pemulihan ekonomi tahun ini, termasuk peningkatan peralatan skala besar, program tukar tambah (trade-in) barang konsumen, dan penerbitan obligasi negara khusus dengan tenor sangat panjang.

Ke depannya, Yu menyerukan upaya-upaya berkelanjutan untuk memperluas permintaan domestik dan langkah-langkah yang ditargetkan guna meningkatkan sirkulasi ekonomi. Hal tersebut dimaksudkan untuk mendorong kekuatan produktif baru yang berkualitas dan mempertahankan tren positif dalam pertumbuhan industri. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024