Shenzhen (ANTARA) - Mereka yang melancong di China ada baiknya mengunduh aplikasi pembayaran digital untuk memudahkan transaksi saat membeli barang keperluan sehari-hari atau oleh-oleh serta menggunakan sarana transportasi umum.

Aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi digital saat melancong di China antara lain Alipay, yang sebagaimana dompet digital memungkinkan pengguna menghubungkannya dengan kartu kredit atau debit online.

Aplikasi ini dapat diunduh dari Google Playstore di perangkat Android dan Apps Store di perangkat iOS.

Supaya dapat menggunakan aplikasi ini, pengguna mesti mendaftar dengan membuat akun menggunakan nomor ponsel atau alamat surel.

Pastikan nomor ponsel atau surel aktif agar dapat menerima kode verifikasi dalam proses pembuatan akun.

Baca juga: Aplikasi Alipay tersedia dalam 16 bahasa untuk fasilitasi wisatawan

Setelah membuat akun di aplikasi, pengguna bisa menambahkan kartu kredit atau kartu debit online untuk melakukan transaksi secara digital.

Caranya, pergi ke opsi Account lalu pilih Bank Cards dan pilih ikon "(+)" di bagian kanan atas aplikasi.

Setelah menulis nomor kartu, masa kedaluwarsa kartu, dan nomor CVV, pengguna akan diarahkan untuk mengisi OTP terakhir guna memastikan kartu benar-benar terhubung atau tersimpan di dompet digital Alipay.

Pengguna dapat melakukan pembayaran menggunakan aplikasi di lokasi-lokasi yang menyediakan opsi pembayaran digital setelah data kartu kredit atau debit terhubung ke aplikasi.

Caranya, pilih opsi Pay/Receive dan tampilkan barcode atau kode batang yang tertera di layar ponsel untuk dipindai di perangkat layanan pembayaran.

Baca juga: Alipay bisa digunakan oleh wisatawan asing di China
 
Tampilan halaman muka aplikasi Alipay, yang dapat dihubungkan dengan kartu transportasi umum di China. (ANTARA/Livia Kristianti)


Selain bisa terhubung dengan kartu debit dan kredit, aplikasi Alipay dapat dihubungkan dengan kartu transportasi umum seperti bus, metro, dan taksi.

Di samping itu, pelancong yang kesulitan membaca aksara Mandarin bisa menggunakan aplikasi untuk menerjemahkan informasi yang ingin mereka ketahui.

Fitur "Scan" pada aplikasi tidak hanya bisa digunakan untuk memindai QR Code saat melakukan pembayaran, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk menerjemahkan informasi.

Selain Alipay, ada aplikasi dengan dukungan bahasa Inggris seperti WeChat Pay yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran secara digital saat melancong di China.

Baca juga: GoPay kini jadi aplikasi mandiri

Baca juga: JULO luncurkan fitur pembayaran fasilitas kesehatan


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024