PEN 7.0 merupakan wujud nyata kehadiran dan kepedulian Pertamina dalam mendukung dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) menggelar Pertamina Energi Negeri (PEN) 7.0 secara serentak di 79 sekolah dasar (SD) di Indonesia dalam mendukung dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Penyelenggaraan PEN ke-7 di 2024 tersebut sekaligus memeriahkan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam keterangan  di Jakarta, Kamis, mengatakan, PEN 7.0 merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan secara sukarela oleh para perwira Pertamina sebagai bentuk pengabdian sosial kepada generasi muda, yang merupakan calon pemimpin dan penggerak bangsa.

"PEN 7.0 merupakan wujud nyata kehadiran dan kepedulian Pertamina dalam mendukung dan memajukan dunia pendidikan di Indonesia," kata Fadjar.

Ia menjelaskan, kegiatan PEN 7.0 melibatkan Perwira Pertamina baik holding, subholding maupun anak perusahaan di seluruh Indonesia. Perwira sendiri merupakan singkatan dari Pertamina Wira (Perwira), sebutan untuk pekerja Pertamina.

Perwira Pertamina berkontribusi langsung sebagai relawan dengan berbagai tugas, baik sebagai fasilitator, pengajar, dan dokumentator yang berkolaborasi berbagi ilmu melalui beragam media.

"PEN berfokus memberikan edukasi dan motivasi untuk anak-anak khususnya sekolah dasar, termasuk menanamkan kesadaran akan pentingnya energi dan bagaimana memanfaatkannya secara bijak sejak dini," ujar Fadjar.

Adapun, tema PEN 7.0, yakni Arutala yang dalam bahasa Sansekerta berarti "Cita-cita Tinggi nan Mulia". Sedangkan slogan kegiatan, "Kami Tahu, Kami Bisa! Berbagi Pengetahuan, Cerdaskan Anak Negeri".

Di Sorong, Papua Barat Daya, kegiatan PEN dilakukan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Kasim di SD YPK III Bethel, sekolah pertama yang dibangun di Kota Sorong, tepatnya di Pulau Dum. Selain melakukan edukasi, KPI memberikan bantuan perlengkapan belajar mengajar.

Kemudian di Plaju, Sumatera Selatan, sebanyak 25 relawan Perwira Pertamina yang berkolaborasi dari seluruh subholding, turun langsung ke SDN 231 dan SDN 225 Palembang. Para relawan tersebut memberikan edukasi dan motivasi kepada para siswa, sekaligus memperkenalkan berbagai aspek dari bisnis migas yang dikelola oleh Pertamina.

Dalam kesempatan itu juga, Pertamina menyerahkan bantuan pembangunan sarana dan prasarana SDN 231 dan SDN 225 Palembang.

Di Bogor, Jawa Barat sebanyak 15 relawan dari Perwira Pertamina terjun langsung untuk berbagi pengetahuan serta menebar inspirasi positif sekaligus memperkenalkan berbagai profesi di Pertamina.

Para Perwira Pertamina juga memberikan pengenalan tentang upaya Pertamina Upstream mencari sumber daya migas kepada sekitar 90 siswa-siswi yang ada di SD Negeri Cibuluh 1 Kota Bogor.

"PEN 7.0 yang diselenggarakan di Bogor merupakan kegiatan positif, terutama dalam memberikan edukasi ringan mengenai lapangan Pertamina di luar negeri, bahasa Inggris hingga pengenalan AKHLAK value kepada anak-anak SD di Kota Bogor," ucap Direktur Utama Pertamina Internasional EP (PIEP) Jaffee A Suardin yang turut terlibat dalam program PEN 7.0 tersebut.

Di Jakarta, kegiatan PEN berlangsung di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Pagi Kebagusan Jakarta Selatan. Kegiatan itu diinisiasi oleh tim Pertamina Peduli, didukung oleh Organisasi Perempuan Pertamina (Pertiwi), Pertamina Troopers, Pertamina Employee Journalism, dan Agent of Change (AoC) Pertamina.

"Semoga adik-adik sekalian terus semangat menggapai cita-cita, semoga sukses di masa depan, kunci suksesnya dengan belajar dibimbing ibu/bapak Guru, hormat dan selalu minta doa kepada orang tua," kata Direktur Utama Pertamina Hulu Energi (PHE) Chalid Said Salim yang hadir dan terlibat langsung menjadi salah satu pengajar.

Baca juga: Kilang Pertamina Balikpapan berantas kemiskinan lewat program Wasiat
Baca juga: Pertamina menghadirkan Program Gampong Berdikari di Lhokseumawe

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024