Jakarta (ANTARA) - Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam karena penuh dengan berkah dan ampunan dari Allah SWT.

Untuk itu, bagi umat muslim hendaknya memperbanyak amalan di hari Jumat berkah ini, mulai dari meningkatkan kualitas ibadah, bersedekah hingga memperbanyak membaca doa.

Membaca doa di hari Jumat dapat diamalkan setiap umat muslim untuk meminta kecukupan dan keberkahan dari Allah SWT.

Terdapat beberapa doa yang bisa diamalkan pada hari Jumat berkah. Doa ini bisa diamalkan mulai dari pagi hingga malam harinya, berikut kumpulan doa Jumat berkah:

1. Doa Jumat pagi

Melansir dari laman NU Online, Rasulullah SAW menganjurkan doa yang perlu dibaca di hari Jumat pagi. Doa ini dianjurkan dibaca sebanyak tiga kali, sebagai berikut:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الحَيُّ القَيُّومُ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullāhalladzī lā ilāha illā huwal hayyul qayyūmu, wa atūbu ilaihi

Artinya: Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya.

2. Doa Jumat berkah

يا رب في يوم الجمعة وعدت عبادك بقبول دعواتهم، سأدعو لقلب قريب من قلبي: اللهم ارزقه ما يريد وارزق قلبه ما يريد واجعله لك كما تريد، اللهم قدر له ذلك قبل أن تأذن شمس الجمعة بالمغيب

Ya Rabbi fi Yaumil Jumat wa ‘adta Ibadaka bi qabuli da’wahum, sa ad’u liqalbin qaribin min qalbi: Allahummarzuqhu ma yuridu warzuq qalbahu ma yuridu, waj’alhu laka kama turidu, Allahumma qaddirlalhu dzalik, qabla an tu’dzina syamsul Jumat bil maghib

Artinya: Ya Allah SWT, pada hari Jumat ini, kau berjanji pada hamba-hamba-Mu untuk menerima doa mereka, aku akan berdoa dari hati yang terdalam. Ya Allah SWT, berikanlah apa yang kuinginkan, dan berkatilah hatiku dengan apa yang kuinginkan. Dan jadikan diriku ini milik-Mu seperti yang dirimu inginkan, sebelum matahari hari Jumat tenggelam.

أسعدك الله بساعات هذا اليوم المبارك، ووسع عليك رزقك، وألهمك ذكره، وأجاب دعوتك، وزادك من فضله، وحفظ دينك وأيدك بنصره، ورضي عنك وأرضاك من حبه، وعن النار أبعدك وأدخلك جنته، وللخير أرشدك وكفاك نقمته

As’adakallah bi sa’ati hadzal yaumi al-mubarak, wa wassa’a alaika rizqaka wa alhamaka dzikrahu, wa ajaba da’wataka, wa zadaka min fadhlihi, wa hafidha dinaka wa ayyadaka binashrihi, wa radhiya anka wa ardhaka an hubbihi wa ‘aninnari ab’adaka wa adkhalaka jannatahu, walil khairi arsyadaka wakafaka niqmatahu

Artinya: Semoga Allah SWT memberikan kebahagiaan pada jam-jam di hari Jumat yang diberkati ini, memperluas mata pencaharianmu, memberi inspirasi kepadamu, mengijabah doamu, menambahkan bagimu keutamaan-Nya, menjaga agamamu dan mendukungmu dengan pertolongan-Nya, ridha atasmu, dan meridhaimu dengan cinta-Nya dan menjauhkanmu dari neraka lalu memasukkanmu ke surga, memberi petunjukmu kepada kebaikan dan melindungimu dari bencana-Nya.”

3. Doa mohon keberkahan agar dilimpahkan rezeki

Doa agar dilimpahkan keberkahan rezeki yang bisa diamalkan di hari Jumat yang penuh berkah, bisa dibaca setelah salat Jumat, berikut doanya:

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak fina bi halalika ‘an haramik, wa aghnini bifadhlika ‘aman siwaka

Artinya: “Ya Allah, Cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Perkayalah aku dengan karunia-Mu, (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu.”

Selain membaca doa-doa diatas, dianjurkan juga untuk memperbanyak membaca Al-Qur’an dan shalawat pada hari Jumat agar Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keberkahannya.

Baca juga: Doa memakai dan melepas pakaian, Arab, latin, dan artinya

Baca juga: Kumpulan doa setelah sholat lengkap beserta arab, latin, dan artinya

Baca juga: Doa masuk dan keluar masjid dalam bahasa Arab, latin, dan artinya

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024