Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa hukum telah diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Rabu (28/8) kemarin menjadi sorotan, mulai dari Hakim Konstitusi Anwar Usman ajukan banding atas putusan PTUN Jakarta hingga KPK menggeledah rumah dinas Bupati Situbondo Karna Suswandi.

Berikut rangkuman berita hukum yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Anwar Usman ajukan banding atas putusan PTUN Jakarta

Hakim Konstitusi Anwar Usman mengajukan banding atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta dalam perkara pengangkatan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo.

Permohonan banding Anwar Usman diajukan pada hari Selasa, 27 Agustus 2024. Dia diwakili kuasa hukum Franky Saverius Simbolon.

"Pembanding (penggugat) Prof. Dr. Anwar Usman, S.H., M.H," demikian dikutip dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PTUN Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

2. Eks KPK: RUU Perampasan Aset lebih baik jadi program 100 hari Prabowo

Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Laode Muhammad Syarif mengatakan bahwa Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang perampasan aset lebih baik menjadi program 100 hari pemerintahan baru.

“Mungkin sebaiknya ketika bulan-bulan pertama, mungkin akan lebih bagus dijadikan program 100 hari Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Undang-Undang Perampasan Aset itu,” kata Laode di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

3. MK siap hadapi banding Anwar Usman atas putusan PTUN Jakarta

Mahkamah Konstitusi (MK) siap menghadapi banding Hakim Konstitusi Anwar Usman atas putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta terkait perkara pengangkatan Ketua MK Suhartoyo.

“Tentu MK juga sebagai tergugat itu menyiapkan diri. Apa yang nanti disampaikan [Anwar Usman], itu yang kita respons,” ucap Juru Bicara MK Fajar Laksono ditemui di Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, Bogor, Jawa Barat, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

4. Polda Papua memastikan keamanan tetap kondusif jelang pilkada

Kepolisian Daerah (Polda) Papua memastikan keamanan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 tetap kondusif.

Kapolda Papua Komjen Pol Matius D Fakhiri dalam acara tasyakuran kenaikan pangkat yang berlangsung di Mapolda Papua, Jayapura, Selasa (27/8), mengatakan pihaknya akan terus mengantisipasi gangguan keamanan yang akan terjadi khususnya pada daerah rawan menjelang pelaksanaan pilkada.

"Sehingga semua tahapan pilkada bisa berlangsung dengan baik, aman dan lancar," katanya pula.

Selengkapnya klik di sini.

5. KPK geledah rumah dinas Bupati Situbondo dan bawa lima dokumen

Sejumlah penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di rumah dinas Bupati Situbondo Karna Suswandi dan membawa sebanyak lima dokumen.

Dari pantauan, penyidik lembaga antirasuah itu tiba di Pendopo Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu, sekitar pukul 08:30 WIB dengan menggunakan empat unit kendaraan roda empat.

Salah seorang sumber yang enggan disebutkan namanya mengakui bahwa penyidik KPK melakukan penggeledahan di rumah dinas bupati dan membawa lima dokumen dari pendopo.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024