Tanjungpinang (ANTARA) - Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Muhammad Rudi dan Aunur Rafiq berkomitmen untuk meningkatkan investasi sebagai upaya menekan angka pengangguran sekaligus membuka lapangan kerja baru di daerah itu.

"Salah satu cara mengatasi TPT (tingkat pengangguran terbuka) di Kepri saat ini ialah menggalakkan dunia investasi," kata Rudi usai mendaftar Pilkada Serentak 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepri, Tanjungpinang, Rabu.

Berdasarkan data BPS, lanjut Rudi, TPT di Kepri mencapai 6,94 persen atau masih di atas rata-rata nasional yang sebesar 4,28 persen.

Terutama, kata Rudi, investasi dari luar negeri karena investasi dalam negeri saat ini terus berjalan.

Rudi yang juga Wali Kota Batam aktif itu mengklaim selama lima tahun terakhir, geliat investasi di Batam terus meningkat.

Ia mencontohkan pada Senin (26/8), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto telah menandatangani investasi dalam dan luar negeri di Batam.

Nilai investasi mencapai Rp290 triliun dengan potensi serapan tenaga kerja sekitar 36.150 orang.

"Investasi, jadi salah satu program prioritas kami jika dipercaya menjabat kepala daerah di Kepri selama lima tahun mendatang," ujar Rudi.

Namun demikian, lanjut Rudi, tidak semua kabupaten/kota di Kepri harus fokus bergerak pada sektor industri seperti Batam karena masing-masing kabupaten/kota punya karakteristik dan persoalan masing-masing yang perlu didudukkan bersama-sama guna mencari solusi yang tepat.

Menurutnya, seperti Kota Tanjungpinang yang identik dengan daerah sarat dengan wisata sejarah, maka yang harus dikembangkan ialah pariwisata sejarahnya agar banyak wisatawan datang kemari, sehingga diharapkan berdampak positif pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

"Kalau ingin Tanjungpinang jadi pusat kota sejarah, maka nakhodanya ialah kami," kata dia.

Pasangan Rudi-Rafiq maju pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri di Pilkada Serentak 2024 dengan diusung tiga partai yaitu NasDem, PDI Perjuangan dan PSI.

Selain itu, ada pula tiga partai pendukung lainnya seperti Hanura, PKN dan Buruh.

Berkas pendaftaran keduanya dinyatakan lengkap dan diterima oleh KPU Kepri. Selanjutnya, KPU akan meneliti keabsahan berkas Rudi - Rafiq.
 

Pewarta: Ogen
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024