Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) siap menyelenggarakan forum orientasi untuk pengenalan tugas bagi anggota DPRD terpilih hasil Pemilu 2024, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Kami akan mulai kelas pertama ini pada hari Selasa besok. Semua anggota DPRD provinsi mengikuti orientasi pengenalan tugas di Jakarta. Kami BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kementerian Dalam Negeri yang menyelenggarakan,” kata Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono di kawasan Pasar Minggu, Jakarta, Rabu.

Baca juga: BPSDM Kemendagri tekankan pentingnya kompetensi kepemimpinan

Sugeng menjelaskan bahwa forum orientasi untuk anggota DPRD terpilih tingkat kabupaten/kota akan dilaksanakan oleh BPSDM Provinsi berdasarkan supervisi dari BPSDM Kemendagri.

“Dan materi orientasi ini, salah satu yang kami berikan penekanan adalah mengenai integritas. Kami memberikan materi terkait dengan penyusunan pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD yang akuntabel karena sering kali titik masalah korupsi dimulai dari pokir, pokok-pokok pikiran,” ujarnya.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa kode etik DPRD menjadi salah satu materi yang akan diberikan pada forum orientasi tersebut.

“Kemudian setiap anggota DPRD juga selain mengikuti orientasi pengenalan tugas, mereka juga secara tematik bisa mengikuti yang namanya orientasi pendalaman tugas. Ini sesuai dengan tema-tema tertentu, bisa sesuai dengan alat-alat kelengkapan DPRD, sesuai dengan tugas dan fungsi,” jelasnya.

Dia mengatakan bahwa Kemendagri akan mengadakan orientasi kepemimpinan penyelenggaraan pemerintahan daerah kepada kepala dan wakil kepala daerah terpilih hasil Pilkada 2024.

“Salah satu materinya adalah terkait integritas, dan sudah ada arahan dari Bapak Menteri (Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian) untuk kami, harus memastikan dari pimpinan KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) nanti menyampaikan,” katanya.

Saat ini tahapan Pilkada 2024 sedang memasuki masa pendaftaran bakal pasangan calon kepala daerah ke KPU provinsi dan kabupaten/kota mulai 27 - 29  Agustus 2024.

Baca juga: BPSDM dorong akuntabilitas dan sinergi dalam evaluasi kinerja pemda
Baca juga: BPSDM Kemendagri tingkatkan kompetensi pengelola keuangan daerah
Baca juga: Sulteng-Kemendagri tingkatkan kompotensi pengajar orientasi DPRD

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024