Nagan Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Aceh, menilai kirab obor PON Aceh-Sumut 2024 yang saat ini melintasi kabupaten/kota di Aceh merupakan simbol semangat sportivitas, persatuan dan kesatuan bangsa.

"PON tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga momen untuk menumbuhkan semangat kebangsaan, promosi budaya dan pariwisata, serta penguatan sektor UMKM," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya, Ardimartha, di Suka Makmue, Rabu.

Ardimartha mengatakan, Pekan Olahraga Nasional merupakan momentum penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, baik di tingkat nasional maupun daerah yang menjadi tuan rumah.

Dia juga menegaskan komitmen Pemkab Nagan Raya dalam menyukseskan PON Aceh-Sumut XXI tahun 2024 yang turut dimeriahkan dengan rangkaian acara UMKM Rameune Nagan Raya Expo, yang akan diselenggarakan pada 15-20 September 2024.

"Mari kita semarakkan PON dan jadikan ini sebagai kehormatan serta kebanggaan bagi kita semua, masyarakat Kabupaten Nagan Raya," demikian Ardimartha.

Sebelumnya, kedatangan api obor PON yang dibawa oleh atlet pelari disambut dengan antusias oleh Aparatur Sipil Negara (ASN), masyarakat, dan siswa-siswi di Kabupaten Nagan Raya.

Atraksi drumband pelajar dari SMP Negeri 1 Seunagan, Kabupaten Nagan Raya juga turut memeriahkan penyambutan pelari pembawa obor PON.

Setelah melewati Nagan Raya, obor PON akan menuju Kabupaten Aceh Barat Daya dan terus berkeliling Aceh sebelum akhirnya tiba di tempat pembukaan resmi PON XXI pada 9 September mendatang.

PON XXI akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 9 September 2024 yang bertepatan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-41 Tahun 2024 di Kota Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh.

Baca juga: Polda Sumut pasang 61 unit CCTV pantau pengamanan pada PON 2024

Baca juga: Ekonom: PON tingkatkan perekonomian sektor pariwisata Sumut

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024