Dari pantauan sudah ada beberapa desa yang terancam kekeringan, namun baru satu desa yang berkirim surat ke kami untuk meminta bantuan dalam penanganan kesulitan air bersih
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebukan dampak tidak adanya hujan dalam beberapa pekan terakhir ini desa di wilayah utara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat mulai mengalami kesulitan air bersih.

"Dari pantauan sudah ada beberapa desa yang terancam kekeringan, namun baru satu desa yang berkirim surat ke kami untuk meminta bantuan dalam penanganan kesulitan air bersih," kata Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi Medi Abdul Hakim di Sukabumi, Rabu.

Menurut Medi, adapun desa yang sudah meminta bantuan penanganan kesulitan air bersih yakni Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug. Untuk penanganan, BPBD sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, kemudian Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi dan PDAM untuk segera mendistribusikan air bersih ke lokasi terdampak.

Baca juga: BPBD: Wilayah terdampak kekeringan di Banyumas capai 28 desa

Meskipun, baru satu desa yang melaporkan kesulitan air bersih, namun pihaknya sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menanggulangi dampak jika terjadi kemarau panjang mulai berkoordinasi dengan sejumlah dinas, badan usaha hingga organisasi nonpemerintahan untuk mencarikan solusi agar bencana kekeringan dan kesulitan air bersih tidak meluas.

Selain itu, mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) maupun pemerintah tingkat kecamatan dan desa untuk mencari sumber air dan dibuatkan penampungan air bersih sekaligus sumur atau melakukan pipanisasi.

Namun demikian, Pemkab Sukabumi sudah menyiapkan berbagai bantuan untuk penanganan bencana kekeringan dan kesulitan air bersih serta melakukan penanggulangan jangka panjang.

Apalagi Bupati Sukabumi Marwan Hamami telah menandatangani penetapan status siaga kekeringan dan kebakaran hutan serta lahan sejak awal Agustus. Dengan penetapan status tersebut tentunya sebagai salah satu upaya Pemkab Sukabumi untuk meminimalkan dampak kekeringan dan untuk mempercepat penanggulangan jika ada daerah yang terdampak bencana kekeringan.

Baca juga: Tim kaji DAS Bekasi mitigasi area sawah terdampak kekeringan
Baca juga: Kementan beri bantuan pompa air kepada 17 kelompok tani di Kota Jambi

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024