Jakarta (ANTARA) - Politikus Partai Demokrat Fathi menyatakan yakin terhadap bakal pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan dapat memajukan Provinsi Jawa Barat jika keduanya terpilih dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 27 November 2024.

Fathi, yang juga merupakan anggota DPR RI terpilih untuk periode 2024–2029, menyebut pasangan Dedi dan Erwan merupakan tokoh Jawa Barat yang mempunyai pengalaman memimpin di pemerintahan daerah.

“Saya yakin dan optimistis Kang Dedi Mulyadi mampu membawa Jawa Barat semakin maju, sejahtera, dan adil makmur bagi perekonomian masyarakat,” kata Fathi di Jakarta, Rabu.

Dedi Mulyadi, yang merupakan kader Partai Gerindra, pernah menjabat sebagai bupati Purwakarta dua periode yaitu pada 2008–2013 dan 2013–2018.

Sementara itu, Erwan Setiawan merupakan tokoh muda Jawa Barat yang pernah menjabat sebagai wakil bupati Sumedang periode 2018–2023, dan ketua DPRD Kota Bandung periode 2009–2014.

“Dengan pengalaman Kang Erwan Setiawan, kita tahu beliau juga putra dari pemilik Persib Bandung yang dikenal dengan Maung Bandung atau Bobotoh, tentunya bisa berkolaborasi membangun Provinsi Jawa Barat bersama Kang Dedi Mulyadi,” kata dia.

Oleh karena itu, dia menyebut dirinya dan jajaran kader Demokrat di Jawa Barat bakal mendukung penuh pasangan Dedi-Erwan selama masa kampanye Pilkada Jabar 2024.

“Jawa Barat merupakan provinsi yang sangat luas wilayahnya, dan jumlah penduduknya banyak. Tentu tantangan pun semakin berat ke depan, sehingga perlu kolaborasi semua elemen untuk sama-sama menjadikan Jawa Barat sebagai daerah yang maju, sejahtera, dan makmur,” kata dia.

Pasangan Dedi-Erwan mendaftar ke KPU Provinsi Jawa Barat pada hari pertama pendaftaran bakal calon kepala daerah dibuka pada Selasa (27/8). Dedi-Erwan didukung oleh partai-partai anggota KIM, yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PSI, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, dan Partai Garuda, dan partai-partai lainnya yaitu Partai Buruh, Partai Hanura, Partai Perindo, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Ummat.

Koalisi Indonesia Maju (KIM) merupakan gabungan partai politik pendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Pilpres 2024.

Baca juga: Dedi Mulyadi ingin bebaskan masyarakat Jawa Barat dari gizi buruk
Baca juga: Dedi Mulyadi tampilkan seni dan budaya saat mendaftar ke KPU Jabar
Baca juga: Dedi Mulyadi: KIM solid dukung dirinya di Pilkada Jabar

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024