Saya menilai setidaknya akan ada kunjungan tamu dari luar yang masuk ke Sumut lebih dari 10 ribu orang pada PON ini
Medan (ANTARA) - Ekonom dari Universitas Islam Sumatera Utara Gunawan Benjamin mengatakan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI dapat meningkatkan perekonomian pada sektor pariwisata di wilayah ini.

"Saya menilai setidaknya akan ada kunjungan tamu dari luar yang masuk ke Sumut lebih dari 10 ribu orang pada PON ini," ujar Gunawan di Medan, Rabu.

Ia mengatakan hal ini didasari dengan melibatkan sekitar 6.281 orang, dengan dukungan dari 3.140 orang ofisial yang mengikuti ajang nasional ini, ditambah dengan wisatawan, para tamu dan lainnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan selama mereka menghabiskan waktu di Sumut, tentunya akan ada banyak tamu yang juga mencari objek pariwisata di wilayah beribu Kota Medan ini.

"Dalam kesempatan ini, sebaiknya dimanfaatkan untuk mempromosikan wisata yang ada di daerah masing masing. Bila perlu disediakan akomodasi langsung seperti transportasi bagi para tamu yang ingin menikmati wisata di Sumut," katanya.

Baca juga: BPS: 14.830 wisman kunjungi Sumut pada Juni 2024
Baca juga: Menparekraf: Manfaatkan PON 2024 untuk tingkatkan pariwisata-UMKM


Secara otomatis, ia mengatakan, promosi wisata nantinya mendorong tingkat hunian hotel, mendorong tamu untuk membelanjakan uang lebih banyak yang nantinya berdampak pada peningkatan semua sektor usaha.

"Ditambah dengan adanya side event, pasti sangat signifikan untuk menggeliatkan ekonomi di Sumut," tutur Gunawan.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menyatakan pelaksanaan PON berdampak positif untuk pariwisata Medan.

"Dengan menjadi tuan rumah yang baik saat PON 2024, pariwisata Medan akan meningkat. Jika begitu, akan terjadi multiplier effect (dampak meluas) yang positif, misalnya adanya kenaikan okupansi hotel dan peningkatan bisnis pelaku ekonomi kreatif," ujar Sekretaris Dinas Pariwisata Medan Vianti Dewi Nasution.

Menurut Vianti, bagi pariwisata Medan, berlangsungnya PON 2024 di Sumut membawa sisi positif lantaran banyaknya atlet, ofisial dan tenaga pendukung yang datang.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata Kabupaten Karo Munarta Ginting ajang ini sangat berdampak positif di wilayah ini.

Nanti pihaknya akan menawarkan para tamu tersebut untuk berlibur di berbagai tempat wisata unggulan yang berada di Karo.

Seperti Kota Berastagi, Air Terjun Sipiso-piso, Tongging, Danau Toba, pemandian air panas, maupun tempat wisata lainnya memanfaatkan keindahan alam lainnya, serta budaya.

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024