kita akan membangun sekolah baru
Serang (ANTARA) - Bakal calon gubernur (Bacagub) Banten Airin Rachmi Diany memaparkan sejumlah program prioritas mulai dari bidang pendidikan hingga infrastruktur di provinsi itu.

"Pertama adalah pendidikan, khususnya SMA, kan tanggung jawab kita. Maka kita akan membangun sekolah baru, menambah ruang kelas dengan prinsip tidak boleh mematikan sekolah swasta," ujar Airin dalam konferensi pers usai pendaftaran peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di KPU Provinsi Banten Serang, Rabu.

Mantan Wali Kota Tangerang Selatan itu akan menghadirkan program beasiswa per siswa bagi anak berdomisili di Banten untuk masuk sekolah swasta manapun, dengan sistem subsidi.

Hal itu agar dapat menjadi bantuan pembiayaan bagi yang terpaksa tidak bisa bersekolah akibat dampak penerimaan peserta didik baru (PPBD) sistem zonasi dan yang lainnya.

Selain itu, juga akan menghadirkan program beasiswa bagi penghafal Al Quran untuk sekolah di perguruan tinggi, serta perbaikan infrastruktur dan sarana prasarana pendidikan.

Baca juga: Airin sebut dukungan parpol tidak instan, bantah Ade jadi alternatif

Kemudian, ia bersama bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) Banten Ade Sumardi juga menyoroti pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan lapangan kerja.

Oleh karenanya, ia ingin memaksimalkan Balai Latihan Kerja, bekerja sama dengan dunia usaha dan mendorong transparansi terhadap penerimaan lapangan kerja.

"Kemarin dari Partai Buruh menyampaikan kepada saya bahwa fungsi pengawasan itu ada di gubernur dengan PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil). Maka kita akan terbuka transparan, seperti saya melakukan reformasi pelayanan Dukcapil, sama hal juga dengan pembukaan lapangan kerja," ujar Airin.

Ia juga menyebut tentang bantuan dari bidang kesehatan dan sarana prasarananya, infrastruktur yang dilakukan sesuai kebutuhan masing-masing wilayah, penciptaan lapangan kerja dan reformasi birokrasi.

"Yang pasti tidak boleh bertentangan dengan RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) yang sudah disusun hari ini. Makanya tadi kenapa KPU minta kita tanda tangan untuk penyusunan visi dan misi bagi kami para pasangan calon," kata dia.

Baca juga: Megawati minta Airin nihilkan stunting bila terpilih di Banten

Pasangan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi didukung sejumlah partai di antaranya PDIP, Golkar, PBB, PKN, Partai Buruh, Partai Ummat dan Gelora.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten Mohamad Ihsan mengatakan pendaftaran peserta Pilkada pada pasangan calon tersebut sudah diterima, untuk selanjutnya diberikan surat pengantar tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten, Serang.

"Alhamdulillah, kami telah menerima pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Bu Airin dan Pak Ade. Tadi sudah kita terima dokumennya dan dinyatakan lengkap. Selanjutnya akan ada proses tahapan pemeriksaan kesehatan yang nanti akan dilaksanakan di RSUD Provinsi Banten," ujar Ihsan.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024