Definisi inovasi itu adalah segala sesuatu yang dilakukan pemerintah daerah untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintah daerah menjadi lebih efektif dan efisien
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo menegaskan pentingnya inovasi sebagai langkah strategis dan harus menjadi prioritas untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Hal itu disampaikannya saat menerima kunjungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), di Ruang Video Conference Kantor BSKDN, Jakarta, Selasa (27/8).

"Definisi inovasi itu adalah segala sesuatu yang dilakukan pemerintah daerah untuk meningkatkan penyelenggaraan pemerintah daerah menjadi lebih efektif dan efisien, dalam hal ini inovasi tidak berarti selalu lewat proses seperti laboratorium, tetapi juga bisa melalui proses replikasi," kata Yusharto dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan replikasi inovasi dapat menjadi salah satu cara paling efisien yang dapat dipilih Pemkot Solok untuk mempercepat peningkatan ekosistem inovasi.

Oleh karena itu, dirinya berpesan agar Pemkot Solok betul-betul memperhatikan aspek kebutuhan masyarakat, sehingga inovasi yang direplikasi dapat diterapkan dengan baik.

"Tidak ada sehari tanpa inovasi, itu yang sudah harus menjadi paradigma sehari-hari bagi penyelenggara pemerintah daerah, termasuk Pemkot Solok ke depannya ekosistem inovasinya harus terus meningkat," tambahnya.

Baca juga: BSKDN ajak Pemkab Blitar tingkatkan kreativitas untuk manfaat inovasi
Baca juga: BSKDN: Pemberdayaan masyarakat strategi atasi kemiskinan ekstrem


Yusharto juga menyatakan bahwa inovasi bukan hanya tentang penerapan teknologi baru, tetapi juga mencakup perbaikan proses kerja yang dapat menghasilkan pelayanan publik yang lebih baik, cepat, dan murah.

"Dengan sejumlah anggaran yang ada, perangkat daerah diminta untuk menyelesaikan (permasalahan penyelenggaraan pemerintahan daerah) dengan cepat. Mempercepat itulah yang dimaksud inovasi. Melakukannya dengan murah, menjadikannya lebih murah itu juga inovasi," ujar Yusharto.

Menurutnya, Kota Solok memiliki potensi besar untuk berkembang lebih cepat dengan mengadopsi pendekatan yang inovatif dalam setiap aspek penyelenggaraan pemerintahan.

Dia juga meminta seluruh perangkat daerah di Kota Solok untuk saling bekerja sama menumbuhkan inovasi melalui berbagai upaya.

Yusharto meyakini lewat kerja sama tersebut, pelaporan inovasi Kota Solok pada aplikasi Indeks Inovasi Daerah (IID) dapat terus meningkat.

“Melalui inovasi, kita tidak hanya meningkatkan kualitas pelayanan publik, tetapi juga mempercepat pembangunan daerah secara keseluruhan, kerja sama antarperangkat daerah menjadi kuncinya,” pungkasnya.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024