Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di TikTok menarasikan PDI Perjuangan akhirnya memilih untuk mengusung mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Pilkada Jakarta 2024 sebagai calon Gubernur.

Dalam unggahan video tersebut, menampilkan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto yang mengumumkan majunya Ahok sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“akhirnya pak Ahok menuju DKI Jakarta”

Namun, benarkah PDIP usung Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2024?

 

Unggahan video yang menarasikan PDIP usung Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2024. Faktanya, PDIP mengusung Pramono Anung dan Rani Karno dan saat ini telah mendaftar di KPUD. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut merupakan video lama saat PDIP akhirnya resmi pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat pada Pilkada DKI 2017. Duet Ahok- Djarot diumumkan di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2016) malam.

Video pengumuman tersebut serupa dengan unggahan Berita Satu yang berjudul “Breaking News: PDIP Resmi Usung Ahok-Djarot”.

Dalam video yang diunggah oleh ANTARA, pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta dari PDIP Pramono Anung dan Rani Karno tiba di KPUD Jakarta, Rabu (28/8). Keduanya siap mendaftarkan diri dalam berlaga di Pilgub Jakarta 2024. Dalam perjalanan menuju KPU tersebut, juga terdapat Ahok mendampingi pasangan calon tersebut.

Klaim: Video PDIP usung Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2024

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Anies kenakan seragam dengan latar belakang logo PDIP pada pekan ketiga Agustus, benarkah?

Cek fakta: Megawati pastikan PDIP jadi pihak oposisi pada akhir April, benarkah?

Baca juga: Anies ditinggalkan semua parpol usai PDIP usung Pramono-Rano Karno

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024