latihan ini juga bertujuan untuk menguji ketahanan fisik pasukan agar dapat beradaptasi dengan segala medan dan kondisi cuaca
Jakarta (ANTARA) - Yonif 755/Yalet Kostrad mengadakan latihan taktis di medan hutan guna melatih kemampuan tempur serta di kawasan Area Kebun/Hutan Cokelat, Distrik Tanah Miring, Merauke, Papua Selatan.

"Latihan yang dilaksanakan kali ini merupakan latihan lanjutan dari Latihan blok gunung hutan," kata Danyonif 755 Yalet Letkol Inf M Slamet Wijaya dalam siaran resmi Kostrad yang disiarkan Rabu.

Ia menjelaskan bahwa dalam latihan yang diadakan sejak tanggal 19 Agustus 2024 hingga 24 Agustus 2024 itu, para personel Kostrad dilatih untuk melakukan misi dengan beragam strategi di hutan ataupun pegunungan.

Tidak hanya kemampuan strategi, Slamet mengatakan latihan ini juga bertujuan untuk menguji ketahanan fisik pasukan agar dapat beradaptasi dengan segala medan dan kondisi cuaca.

Baca juga: Prajurit Yonif 323/Kostrad ikut mengajar di sekolah darurat Wuyuneri
Baca juga: Satgas Yonif 432/Kostrad gelar baksos sela patroli di Distrik Mbua


Slamet menambahkan, latihan ini bukan hanya ditujukan kepada para personel saja, melainkan juga terhadap komandan unit (Danunit).

Menurut Slamet, peran Danunit sangat krusial lantaran harus memimpin pasukan dan menyusun strategi dalam menjalankan misi.

Karenanya dengan latihan ini, Slamet memastikan para danunit harus mengasah insting dan jiwa kepemimpinan dalam menuntun anak buah di medang perang.

"Dengan demikian para danunit akan menjadi lebih terampil, cekatan dan dapat memenuhi tuntutan tugas pokok saat ini dengan di hadapkan dalam penugasan," kata Slamet.

Dengan adanya kegiatan ini, Slamet memastikan pasukan Kostrad di bawah naungannya selalu siap menjalankan misi negara di segala medan.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024